Loading...

Cara Membuat Hidroponik di Pipa PVC

Sponsored Links
.
Loading...
Sudah lama saya tidak menulis blog, karena saya masih mempelajari hidroponik di Pipa PVC.
Alhamdulillah minggu kemarin tanggal 23 Maret 2014 saya sudah panen sawi.

Sistem Hidroponik yang saya pakai bukan Sistem NFT, hanya air tenang (Air Statis).
Tanpa aerator juga.
Jadi ini seperti mengganti botol ke pipa pvc.

Jika anda membutuhkan Artikel tentang Sistem NFT dengan Pipa PVC,

Dibawah ni foto sawi yang saya panen:

Hasil Panen
Hasil Panen


Alhamdulillah bisa buat di jadikan tumis sawi.


Pada penanaman menggunakan Pipa PVC, saya mencoba mempelajari media tanam arang sekam dan spons.
Lalu saya coba ber hemat dengan memakai "Net Pot" dari pipa pvc 1" yang saya potong potong dengan panjang sekitar 7 cm.

Ilmu yang saya dapatkan adalah:
1. Media Spon kurang bagus, saya mencoba media spon pada pipa pvc di bawah.
Hasilnya tanaman kurang bagus pertumbuhannya.

2. Penggunaan Pipa PVC sebagai "Net Pot" itu boros uang, dan memotong nya susah.
Harga pipa pvc 1" adalah 35 ribu, itu bisa jadi 50 net pot, jadi harga per net pot adalah 700 Rupiah.
Sebaiknya pakai gelas plastik saja, isi 50 harganya 6.500,- Rupiah, jadi per net pot adalah 130 Rupiah.

3. Suhu yang Panas mempengaruhi pertumbuhan Selada keriting, sehingga membuat jadi Etolasi, disebut juga Kutilang (Kurus Tinggi dan Langsing).
Selada Keriting dan Lettuce butuh Suhu Air Nutrisi di 25 C dan Suhu Ruangan Maks 30 C agar pertumbuhan bagus.

4. Sinar Matahari (SiMat) mempengaruhi pertumbuhan Selada Keriting, saya menaruh pipa pvc di tembok.
Dan matahari berada di sebelah kanan, dengan sudut kemiringan kira kira 10 Derajat yang menyebabkan Sinar matahari pagi hanya mengenai sebagian tanaman di sebelah kanan.
Untuk Sawi Caisim, ini tidak terlalu memberi efek, meski membuat pertumbuhan kurang memuaskan.
Sinar Matahari efektif hanya dapat setelah jam 12 siang sampai Sore saja.
Jadi kekurangan Sinar Matahari, serta Tanaman itu paling butuh Sinar Matahari Pagi.

5. Saya amati, pertumbuhan nya malah lebih baik di botol, di dekat pipa pvc, ada di sebelah kanan, saya juga menanam dengan botol.
Karena Sinar matahari pagi lebih banyak mengenai botol dari pada pvc, tapi perbedaanya di tanaman selada keriting sangat berbeda, lebih bagus di botol karena tidak etolasi.
Sawi juga lebih cepat tumbuhnya dan bagus.
Dan lebih bagus lagi, Sistem Status yang saya menanam nya pakai Bak Bak yang saya taruh di atas genting , karena saya taruh di atas genting.





Saya juga melakukan percobaan pada media tanam arang sekam dan rajangan pakis.
Hasilnya, pada media tanam rajangan pakis pertumbuhannya lebih bagus.
Ini saya coba di botol, berikut penampakannya HST 19.

Sawi Caisim, di kiri memakai metan arang sekam dan di kanan memakai metan rajangan pakis.

Selada keriting, di kiri memakai metan arang sekam dan di kanan memakai metan rajangan pakis.



Dari pengalaman diatas, saat ini saya mencoba teknik Rakit Apung (Floating Raft).
Dan saya akan memakai metan rajangan pakis.
Insya Allah, Nanti akan saya bagi pengalaman nya jika saya sudah panen.

Catatan:
- Metan = Media Tanam
- HSS = Hari Setelah Semai (Setelah di tanam benih nya)
- HST = Hari Setelah Tanam (Setelah kita tanam, tanaman yg ada di persemaian)
- Net Pot = Pot tanaman yang ada lubang lubang kecil di dasarnya seperti "Net", agar akar bisa lewat.

Di bawah ini ada foto foto hidroponik dengan pipa pvc, mulai pembuatan sampai panen.

Pelubangan Pipa PVC dengan menggunakan Mesin Bor yang di pasangi Hole Saw
Nge Mal Potongan Talang Karet
Pemotongan Talang Karet yang di gunakan untuk Menutup Ujung Pipa PVC
Pemotongan Talang Karet yang di gunakan untuk Menutup Ujung Pipa PVC
Pemotongan Talang Karet telah selesai, ini di gunakan untuk Menutup Ujung Pipa PVC
Penutupan Lubang T Sock Pipa PVC dengan menggunakan Potongan Talang Karet
Penutupan Lubang T Sock Pipa PVC dengan menggunakan Potongan Talang Karet
Pengeleman Potongan Talang Karet dengan Lem PVC
Pengeleman Potongan Talang Karet dengan Lem PVC
Pemasangan T Sock ke Gully Pipa PVC
Pemasangan T Sock ke Gully Pipa PVC
Pemasangan T Sock ke Gully Pipa PVC
Sebagian Gully Pipa PVC sudah di pasang dengan T Sock
Semua Gully Pipa PVC sudah di pasangi T Sock
Semua Gully Pipa PVC sudah di pasangi T Sock


Sekarang Lanjut Ke Pembuatan "Net Pot":

Di ukur dan di tandai Pipa PVC 1" nya.
Di potong pakai gergaji besi 
Sudah terpotong potong 
Perapian Potongan Pipa PVC dengan Amplas
Pemberian Kasa Eternit (Net) pada Potongan Pipa PVC (Pot) nya,
Beri Lem Pipa PVC pada Kasa nya agar tidak merusut.




Proses Pemasangan Rangka dan Gully Gully Pipa PVC:

Di tengah tengah saya ikat pakai tali nilon agar tidak melengkung.
Saya ikat ke rangka Atap Jemuran.
Salah satu Ujung nya di ikat dengan Kawat ke Tiang Jemuran
Beberapa Net Pot sudah saya pasang.
Di tengah tengah saya ikat pakai tali nilon agar tidak melengkung.
Saya ikat ke rangka Atap Jemuran.
Di tengah tengah saya ikat pakai tali nilon agar tidak melengkung.
Saya ikat ke rangka Atap Jemuran.



Kumpulan Foto foto pertumbuhan tanaman nya:























Terima kasih sudah membaca dan Semoga bisa membantu.
^_^
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter