Loading...

15 Jenis Tanaman Aquascape

Sponsored Links
.
Loading...

15 Jenis Tanaman Aquascape



Tanaman Aquascape Berdasarkan Penempatannya di Dalam Akuarium

Tanaman dalam kategori ini dikelompokkan berdasarkan penempatannya di dalam akuarium. Anda harus mulai mengenal istilah “Background Plant”“Midground Plant”“Foreground Plant”Background Plant adalah tanaman yang penempatannya di bagian belakang akuarium, sehingga tanaman jenis ini biasanya panjang/tinggi. Midgroun Plant merupakan tanaman yang penempatannya dibagian tengah, umunya tanaman ini tidak lebih tinggi dari tanaman background, terakhir adalahForeground Plant yaitu tanaman yang penempatannya dibagian depan akuarium. Tanaman jenis ini biasanya paling pendek/kecil dibandingkan dengan 2 kategori sebelumnya dan beberapa jenis dari tanaman ini merupakan carpet plants/tanaman karpet yang bisa Anda jadikan landasan seperti lapangan sepakbola. Simak penjelasannya berikut.

Tanaman Background

1. Egeria Densa

Istilah Lokal : Egeria Densa, Saya coba sertakan istilah lokalnya untuk memudahkan Anda jika ingin menanyakan atau membeli tanaman ini di dalam negeri.Informasi Dasar : Egeria densa merupakan tanaman akuarium yang awet muda dan tetap populer di kalangan scaper. Egeria densa awalnya ditemukan di Amerika Selatan dan Tengah, dan sejak tahun 1915 ketersediaan tanaman ini bisa ditemukan dimana saja. Egeria densa lebih sering digunakan untuk mengoksidasi air dan menyerap kelebihan nutrisi daripada sebagai tanaman Aquascape. Aquascape pertama saya pun salah satunya memakai egeria densa karena harganya yang murah dan mudah didapatkan dimana saja serta pertumbuhannya yang cukup cepat.


jenis-jenis tanaman aquascape




Egeria Densa


2. Echinodorus

Istilah Lokal : Echinodorus
Informasi Dasar : Adalah genus tanaman dari keluarga Alismataceae dan pada awalnya didistribusikan di belahan bumi barat dari pusat Amerika Serikat ke Argentina. Nama ilmiahnya berasal dari bahasa yunani Kuno, “echius” yang berarti kulit kasar, dan “Doros” yang berarti botol yang terbuat dari kulit. Spesies tanaman ini memiliki banyak jenis dan saya juga menggunakan tanaman ini karena harganya yang murah dan mudah didapat.




jenis-jenis tanaman aquascape


Echinododrus

3. Ludwiga Inclinata

Istilah Lokal : Ludwiga Inclinata
Informasi Dasar : Ludwigia Inclinata berbeda dengan tanaman pada umumnya, tanaman ini berwarna merah/oranye yang berasal dari Amerika Selatan. Ludwigia Inclinata tidak jauh berbeda dari spesies Ludwigia lain, namun ciri-ciri tertentu terletak pada daun merah/oranye. Sementara sebagian besar tanaman batang berwarna di satu sisi, daun pada Ludwigia Inclinata ini benar-benar merah dan oranye. Jika Anda berminat memelihara tanaman ini harus benar-benar diperhatikan kebutuhan cahayanya karena tidak jarang tanaman berdaun merah akan berubah menjadi hijau jika aspek pencahayaannya tidak tercukupi meliputi spektrum warna dll.
jenis-jenis tanaman aquascape




Ludwiga Incilnata

4. Pogostemon Stellatus

Istilah Lokal : Pogostemon Stellaus
Informasi Dasar : Stellatus Pogostemon (sebelumnya disebut Eusteralis stellata) adalah tanaman akuarium menakjubkan dikenal karena warna daunnya yang pink dan kemerahan. Tanaman ini berasal dari perairan Austrialia dan Asia, khususnya di Jepang, Taiwan, dan China. Tanaman air ini adalah jenis tanaman yang populer untuk aquascapes bergaya Belanda/Dutch Style di mana tanaman berwarna-warni yang diutamakan. Bagi penggemar tanaman air, jenis ini merupakan jenis tanaman menantang karena tingkat kesulitan yang tinggi serta kebutuhan cahaya dan CO2 yang tinggi pula. Pogostemon stellatus juga dapat disebut sebagai Eusteralis stellata, nama sebelumnya adalah Hygro Austria.




jenis-jenis tanaman aquascape

Pogostemon Stellatus


5. Cabomba Caroliniana

Istilah Lokal : Cabomba Hijau
Informasi Dasar : Pada dasarnya semua jenis cabomba termasuk tanaman background namun yang akan kita bahas kali ini adalah cabomba hijau yang merupakan jenis cabomba yang sering digunakan termasuk saya. Cabomba Hijau (Green Cabomba) nama latinnya Cabomba carolininia, yang merupakan tanaman air asli Amerika Utara. Tanaman ini memiliki nama umum Cabomba Hijau/ Green Cabomba/ Cabomba carolininia atau fanwort yang merupakan tanaman akuarium.

jenis-jenis tanaman aquascape




Cabomba Caroliniana


Tanaman Midground

1. Anubias barteri var.nana

Istilah Lokal : Anubias nana
Informasi Dasar : Anubias barteri var. nana merupakan tanaman asli daerah tropis di Afrika tengah dan barat. Pertumbuhan tanaman ini lambat dan tanaman ini biasanya tumbuh di sepanjang sungai, tetapi bisa juga ditemukan di rawa. Anubias barteri var. nana memiliki ciri daun lebar, tebal dan berwarna gelap. Tanaman ini banyak tersedia di toko-toko ikan lokal atau bisa ditemui melalui penjualan online. Para kolektor sering menyebut tanaman ini sebagai Anubias nana mungkin untuk menyingkat namanya yang cukup panjang, pada awalnya tanaman ini tumbuh secara emersed (setengah terendam air). Anubias barteri var. nana mini merupakan mutasi yang muncul dalam budidaya di Oriental Aquarium pembibitan di Singapura. Pada dasarnya semua spesies anubias bisa Anda jadikan sebagai tanaman midground.




jenis-jenis tanaman aquascape

Anubias barteri var. nana


2. Bacopa Australis

Istilah Lokal : Bacopa
Informasi Dasar : Bacopa Australis merupakan tanaman dengan struktur batang yang kurang kaku (lentur) dan daunnya berwarna hijau terang. Tanaman ini berasal dari Brasil Selatan (tapi kok namanya ada australis nya ya 😀 ). Bacopa Australis ditemukan tumbuh di antara vegetasi riparian padat dan saluran air. Tanaman ini pertama kali diperkenalkan secara umum pada tahun 2000. Sekilas, tanaman ini mirip Micranthemum umbrosum atau biasa disebut “monte carlo” namun bacopa australis jauh lebih mudah dalam memeliharanya jika dibandingkan dengan “monte carlo”  dan juga perbedaan antara keduanya adalah bacopa ini mempunyai sedikit warna pink pada daunnya.




jenis-jenis tanaman aquascapeBacopa Australis


3. Hydrocotyle leucocephala 

Istilah Lokal : Hydrocotyle
Informasi Dasar : Leucocephala Hydrocotyle merupakan tanaman asli dari Amerika Selatan yang memiliki cara tersendiri untuk ditanam dalam akuarium, kolam atau bahkan paludarium. Tanaman jenis ini sangat kuat dan cepat tumbuh. Hydrocotyle umumnya dikenal sebagai Pennywort Brasil, terkenal karena daunnya yang berbentuk menyerupai putaran.Ini merupakan salah satu tanaman yang saya gunakan juga, mudah didapat dan murah.




jenis-jenis tanaman aquascape

Hydrocotyle Leucocephala


4. Micranthemum umbrosum

Istilah Lokal : Monte Carlo
Informasi Dasar : Terdapat kemiripan antara Micranthemum umbrosum a.k.a “monte carlo” dengan“baby tears” tetapi Anda bisa membedakannya dengan mudah. Kemiripan antara keduanya terdapat pada daun namun postur keduanya berbeda, monte carlo tumbuh merambat dan sedikit rebah jika dibandingkan dengan baby tears yang terkadang tegak. Micranthemum Umbrosum merupakan tanaman air yang dapat beradaptasi untuk hampir semua jenis tata letak atau kondisi akuarium. Tanaman ini berlimpah di Amerika bagian Utara, tanaman ini dapat ditemukan di parit dangkal dan sungai. Micranthemum umbrosum diperkenalkan secara umum sebagai tanaman Aquascape pada akhir 1990-an oleh master Aquascape siapa lagi kalau bukan Takashi Amano. Spesies Micranthemum umumnya dikenal dengan sebutan “Pearl grass”.





jenis-jenis tanaman aquascape

Micranthemum Umbrosum


5. Sagitaria Subulata

Istilah Lokal : Sagitaria Subulata
Informasi Dasar : Sagitaria Subulata adalah tanaman Aquascape yang cukup populer hingga saat ini, banyak dibudidayakan dengan sistem pembibitan utama yang termasuk dalam oriental akuarium, tropica dan pembibitan florida aquatic.




jenis-jenis tanaman aquascapeSagittaria Subulata


Tanaman Foreground

1. Glossostigma Elatinoides

Istilah Lokal : GlossoInformasi Dasar : Tanaman ini cukup populer dikalanagan scaper dalam negeri dan dikenal sebagai tanaman dengan tingkat kesulitan cukup tinggi. Glossostigma Elatinoides berasal dari perairan Selandia Baru, Australia dan Tasmania. Ini adalah tanaman foreground yang sangat diminati oleh para scaper karena tanaman jenis ini bisa dijadikan sebagai landasan/carpet. Glossostigma elatinoides pertama kali diperkenalkan secara umum sebagai tanaman aquscape oleh Takashi Amano pada awal tahun 1990-an. Amano memamerkan tanaman ini di Iwagumi dan Nature Style Akuarium, di mana pertumbuhan datar dan padat dari Glossostigma elatinoides banyak membuat aquascaper terpesona melihatnya. Pada saat itu, tanaman ini masuk ke dalam kategori  foreground terkecil yang tersedia untuk tanaman aquscape sebelum diperkenalkannya HC Cuba.




jenis-jenis tanaman aquascapeGlossostigma Elatinoides

2. Echinodorus Tenellus 

Istilah Lokal : TenellusInformasi Dasar : Echinodorus tenellus merupakan tanaman karpet foreground yang ideal, dipopulerkan oleh aquascaper Jepang, Takashi Amano. Echinodorus tenellus termasuk tanaman rawa yang mendiami daerah wilayah Amerika Selatan dan ke Amerika Utara. Tanaman ini sudah menjadi favorit para scaper, tidak hanya karena mudah untuk menumbuhkannya, tetapi juga karena kecenderungan untuk muncul kilauan warna merah di bawah intensitas cahaya yang tinggi. Echinodorus tenellus sering disebut sebagai Pygmy Chain Sword, dan Anda bisa dengan mudah membedakannya dengan Sagitaria Subulata. Seklias, kedua tanaman ini memang mirip.




jenis-jenis tanaman aquascape
Echinodorus Tenellus


3. Eleocharis acicularis (Hair Grass)

Istilah Lokal : Hair Grass JapanInformasi Dasar : Tanaman ini dikenal dengan istilah “Hair Grass Japan” atau “Dwarf Hair Grass”. Tanaman ini cocok bagi pemula karena tidak terlalu sulit untuk menumbuhkannya. Tanaman ini termasuk jenis carpet plant yaitu tanaman yang digunakan sebagai alas terlihat seperti rumput di lapangan sepak bola.





jenis-jenis tanaman aquascapeEleocharis Acicularis (Hair Grass Japan)

4. Riccia fluitans dwarf

Istilah Lokal : Dwarf Riccia Fluitans atau Riccia Fluitans jika sulit dalam menemukannya.Informasi Dasar : Riccia sp,’Dwarf’ tumbuh lebih lambat dan lebih padat dibandingkan saudaranya yaitu Riccia fluitans. Asal-usul Riccia sp. ‘Dwarf’ ini tidak diketahui secara pasti, namun pertama kali ditampilkan oleh Takashi Amano pada Nature Akuarium nya di awal tahun 2000-an. Ketika Riccia sp. “Dwarf” pertama kali diperkenalkan secara umum, beberapa spesialis tanaman air berpendapat bahwa ini merupakan versi kerdil/mini dari Riccia fluitans yang tumbuh dalam pencahayaan rendah, karbon dioksida dan nutrisi yang terbatas. Sejak saat itu, sudah jelas bahwa Riccia sp. ‘Dwarf’ adalah spesies tanaman tersendiri diluar Riccia Fluitans.




jenis-jenis tanaman aquascapeRiccia sp Dwarf


5. Hemianthus Callitrichoides (HC Cuba)

Istilah Lokal : CubaInformasi Dasar : Cuba merupakan tanaman Aquascape yang sangat populer dikalangan scaper dalam negeri. Tanaman ini dikenal dengan tanaman yang membutuhkan intensitas cahaya cukup tinggi untuk dapat menumbuhkannya. Seperti halnya tanaman yang sudah saya sebutkan diatas, cuba juga merupakan carpet plant yang bisa Anda jadikan landasan seperti lapangan sepak bola.  Hemianthus Callitrichoides merupakan tanaman asli dari Kuba dan merupakan spesies tanaman dengan daun terkecil. Tanaman ini ditemukan di antara vegetasi riparian dimana sungai mengalir dan sungai di Havana, Kuba. Tanaman ini pertama kali diperkenalkan secara umum pada awal tahun 2000-an. Hemianthus callitrichoides sekarang menjadi tanaman yang umum dan sangat diminati oleh para scaper. Daunnya kecil, padat namun pertumbuhannya lambat.




jenis-jenis tanaman aquascapeHemianthus Callitrichoides (HC Cuba)


Itulah kira-kira beberapa jenis tanaman Aquascape berdasarkan penempatannya di dalam akuarium. Terdapat ratusan spesies dan bahkan mungkin ribuan varian yang bisa digunakan dalam Aquascape, 

Sumber : http://jurnalaquascape.com/jenis-jenis-tanaman-aquascape/
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter