Loading...

BROWNIES SEHAT DARI BEKATUL

Sponsored Links
.
Loading...

BROWNIES SEHAT DARI BEKATUL




Selama ini bekatul  dikenal sebagai pakan ternak, padahal  ditilik dari kandungan gizinya bekatul mampu bersaing dengan bahan pangan lain, jika mampu mengolahnya dengan baik.  Bagaimana mengolah  bekatul menjadi brownies?.
bbppl-brownisbekatulbrownisbekatul 

Bekatul   atau rice bran adalah bagian luar atau kulit ari beras yang merupakan hasil sampingan dari proses penggilingan padi, yang kaya akan vitamin B5 atau asam pangamik (Pangamic Acid). Dibandingkan dengan beberapa jenis tanaman lain. Bekatul yang berasal dari tanaman padi yang kita makan sehari-hari ini memiliki kandungan vitamin B15 paling tinggi yang berguna sebagai penyempurnaan proses metabolisme di dalam tubuh kita.  Dari beberapa informasi selain mengandung  zat gizi tersebut diatas juga memiliki asam lemak yang tidak jenuh (>70%), protein (12-15%), serat, vitamin B kompleks, vitamin E, serat, vitamin E, Oryzanol dan mineral (magnesium, fosfor, mangan, besi). 
Dengan    kandungan gizinya tersebut bekatul memberikan manfaat bagi kesehatan, antara lain menurunkan kadar kolesterol darah, yaitulow density lipoprotein (LDL) dan very low density lipo-protein (VLDL), serta dapat meningkatkan kadar  high density lipo protein (HDL) kolesterol darah.  Kemampuan bekatul dalam menurunkan kadar kolesterol disebabkan  adanya kandungan oryzanol dan kandungan asam lemak tidak jenuh.  Bekatul  termasuk  pangan fungsional yang mempunyai tiga fungsi dasar, yaitu sensory (warna dan penampilan menarik, citarasanya enak), kemudian nutritional (bernilai gizi tinggi), dan physiological (memberikan pengaruh fisiologis yang menguntungkan bagi tubuh). Beberapa fungsi fisiologis yang diharapkan dari pangan fungsional adalah pencegahan timbulnya penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh, regulasi kondisi ritmik tubuh, memperlambat proses penuaan, dan penyehatan kembali (recovery).
Penggunaan bekatul sebagai makanan terbatas karena sifatnya mudah rusak karena aktivitas hidrolitik dan oksidatif dari enzim lipase yang secara alamiah (endogenous) terdapat pada minyak bekatul atau oleh mikroba. Untuk memperoleh bekatul awet bersifat food grade dengan mutu yang tinggi, seluruh komponen penyebab kerusakan harus dikeluarkan atau dihambat, dan pada saat bersamaan kandungan komponen berharga (nutritional) harus tetap dijaga.        
Saat ini bekatul dikenal sebagai pakan ternak seperti pakan ayam dan harga  dipasar dijual dengan harga yang cukup murah (Rp. 3.000- 4.000).  Dengan sentuhan sedikit teknologi bekatul ini,  seperti membuat brownies bekatul.  Bekatul dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan keluarga dan meningkatkan nilai tambah bekatul.  Kenapa brownies bekatul?,   seperti kita ketahui bahwa olahan brownies adalah makanan yang sangat dikenal pada akhir-akhir ini, selain rasa enak  ternyata brownies bekatul sudah tidak berasa bekatul lagi,   juga  diketahui bahwa dalam membuat brownies peralatannya sangat sederhana atau alat – alat yang ada di rumah tangga (baskom, mixer, sendok, loyang, oven), bahan-bahannya mudah dijumpai dipasar (bekatul, tepung terigu, gula, coklat block, coklat bubuk, elmusifier, pengembang, mentega dan telur),  caranya sangat mudah dan tanpa tambahan bahan pengawet dapat tahan sampai tujuh (7) hari dalam penyimpanan udara terbuka dengan rasa tidak berubah. 
Penggunaan bekatul dalam pembuatan brownies bekatul ini dapat menggantikan tepung terigu sebanyak 50%, akan tetapi sebelum diolah ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam menangani bekatulnya yaitu pilih bekatul yang masih baik seperti baunya wangi beras, tidak bau apek, kalau memungkinkan bekatul dari hasil penggilingan langsung,   sebelum diolah bekatul dilakukan pengayakan terlebih dahulu untuk menghindari adanya kotoran yang mungkin ada dari bekatul dan pemanasan atau penyangraian selama 30 menit menggunakan api sedang untuk mempertahankan kesegaran bekatul atau menghindari bau yang kurang sedap dari bekatul.  Perlu diingat bahwa keunggulan yang tidak dapat diabaikan dari brownies bekatul adalah sangat cocok untuk orang-orang yang mempunyai kholesterol tinggi tetapi sangat menyukai  kue-kue.  Silahkan Mencoba.  

Sumber : http://www.bbpp-lembang.info/index.php/arsip/artikel/artikel-pertanian/831-brownies-sehat-dari-bekatul
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter