Loading...

Cara Mengendalikan Virus Kuning Pada Tanaman Cabai

Sponsored Links
.
Loading...


Salah  satu masalah dalam peningkatan produksi dan kualitas mutu cabai adalah adanya  serangan  organisme  pengganggu  tumbuhan (OPT). Apabila tanaman cabai terlihat kerdil, berdaun kuning, serta tidak menghasilkan buah, waspadalah terhadap serangan kutu kebul.
Kutu kebul (Bemisia tabaci) merusak dengan menularkan virus kuning (virus gemini) yang mengakibatkan penyakit kuning keriting.
Virus kuning, menurut Neni Gunaeni dkk, ditemukan di dataran rendah dari 100 m dpl hingga dataran tinggi di atas 1000 m dpl. Virus dapat menyerang berbagai umur tanaman. Virus menyerang berbagai varietas cabai dan menyebabkan kehilangan hasil 20 – 90%.
Gejala serangan virus ini, pada awalnya daun muda/ pucuk cekung dan mengkerut dengan warna mosaik ringan. Gejala melanjut dengan hampir seluruh dan muda/ pucuk berwarna kuning cerah, daun cekung dan mengkerut berukuran lebih kecil dan lebih tebal. Gejala lain adalah daun berwarna mosaik klorosis.
Pengendalian penyakit kuning keriting ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, namun intinya adalah segala upaya terpadu untuk menghalangi terjadinya infeksi terutama pada waktu tanaman masih muda.
Hasil beberapa penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) Lembang menganjurkan beberapa langkah antara lain gunakan varietas toleran/tahan yakni Tanjung-1, Tanjung-2, Lembang-1 atau varietas hybrid yang sudah beradaptasi baik seperti Hot Beauty, Hot Chili, TM 999 dan lainnya.
Pengendalian lainnya dengan menggunakan benih yang berkualitas, lalu penggunaan persemaian yang benar, imunisasi tanaman muda, pengolahan tanah dan pemupukan berimbang, penggunaan mulsa plastik hitam perak, penanaman tanaman penghadang, sanitasi dan pencabutan tanaman sakit.
Untuk mengurangi populasi kutu kebul, dapat dilakukan tumpangsari berbagai jenis tanaman, atau menggunakan perangkap, juga manfaatkan musuh alaminya, juga penggunaan cendawan entomopatogen. Penggunaan insektisida nabati juga dapat dilakukan, untuk mengurangi residu pestisida pada produk sayuran dan lingkungan.
Sumber  : Balai Penelitian Tanaman Sayuran
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter