Loading...

8 Manfaat Ajinomoto (Vetsin - MSG) Untuk Tanaman

Sponsored Links
.
Loading...

manfaat ajinomoto untuk tanaman

Ajinomoto sendiri merupakan suatu brand alias merk dari MSG atau Monosodium Glutamat. MSG merupakan suatu senyawa yang berbentuk Kristal, yang merupakan jenis garam natrium / sodium yang terbuat dari asam glutamate. MSG pada dasarnya memiliki banyak kandungan mineral, dan tidak berbahaya untuk dikonsumsi setiap hari, dengan takaran yang pas dan tidak berlebihan.
Ajinomoto MSG sendiri tidak memiliki rasa ketika dicoba langsung, alias digado. Bahkan rasanya cenderung pahit daripada asin, meskipun memiliki kandungan garam dan gula. Namun demikian, pada umumnya, MSG digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, karena dapat bereaksi pada berbagai macam rasa, dan juga dapat memperkuat rasa dari suatu masakan. Maka dari itu, saya berani jamin, hampir semua dapur memiliki ajinomoto, atau produk msg sejenis.
MSG dan pemanfaatannya untuk tanaman


Lalu apa saja manfaat dari msg ajinomoto ini untuk tanaman Berikut ini diantaranya :
1. Menyuburkan tanaman
Manfaat pertama dari MSG ajinomoto untuk tanaman adalah dapat menambah kesuburan pada tanaman. Kandungan atrium yang tinggi yang tekandung pada MSG ajinomoto dapat mempengaruhi tingkat kesuburan suatu tanaman tersebut. Dengan menyiram tanaman menggunakan larutan MSG dengan air secara teratur, maka tingkat kesuburan dari tanaman akan menjadi lebih baik lagi, yang ditandai dengan :
  • Daun yang lebih hijau
  • Daun tanaman yang lebat
  • Tanaman menjadi lebih sehat
2. Mempercepat pertumbuhan tanaman
Manfaat lain dari kandungan natrium yang terkandung pada ajinomoto MSG adalah untuk mempercepat pertumbnuhan tanaman. Manfaat ajinomoto untuk tanaman membuat proses pertumbuhan tanaman akan menjadi lebih cepat, daun menjadi lebih cepat menghijau, dan batang serta tanaman yang menjadi lebih cepat besar.
3. Mempercepat munculnya bunga
Selain dapat mempercepat pertumbuhan dari tanaman, MSG ajinomoto juga dapat mempercepat partumbuhan bunga dari tanaman tersebut. Proses ini diyakini tidak berdampak buruk, karena bunga yang muncul, meskipun tumbuh lebih cepat, namun warna dan bentuk dari bunga yang mncul tidak berubah.
4. Memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman
Tidak hanya manusia dan hewan, tanaman juga sangat membutuhkan nutrisi yang lengkap untuk dapat hidup. Biasanya nutrisi untuk tanaman diperoleh dari pupuk yang sering kita gunakan. Namun demikian ada kalanya harga pupuk yang kurang bersahabat, sehingga anda cukup menyiramkan larutan MSG. Siramkan air ke tanaman kesayangan agar bisa tumbuh subur dan asupan nutrisinya terpenuhi dengan baik.
5. Tanaman menjadi tidak mudah mati
Dengan terpenuhinya nutrisi yang diperlukan oleh tanaman, maka sudah pasti tanaman akan tumbuh dengan subur. Apabila tanaman dapat tumbuh dengan subur dan baik, maka hal ini akan mengurangi resiko matinya tumbuhan kesayangan anda.
6. Menghindari tanaman dari pupuk kimia yang berbahaya
Manfaat ajinomoto untk tanaman lainnya, dapat menghindari tanaman dari kandungan kimia-kimia yang berbahaya, yang terkandung pada pupuk.
7. Meningkatkan kadar air saat musim panas

MSG ajinomoto membantu mengoptimalkan penyerapan air pada tanaman, terutama pada musim kering.Natrium yang terkandung pada MSG ajinomoto ini ternyata memiliki manfaat lain, yaitu mencegah terjadinya resistensi air, alias mencegah tanaman mengalami kekurangan air terutama pada saat musim panas atau musim kering. Sudah bukan rahasia umum, hampir seluruh makhluk hidup membutuhkan air, begitu pula dengan tanaman.
8. MSG sebagai pupuk tanaman
Selain dapat digunakan larutan antara MSG ajinomoto dan air untuk menyiram tanaman, MSG ajinomoto juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk pengganti berbagai pupuk kimia yang ada di pasaran.
Hasil penelitian menyebutkan bahwa pupuk tanaman yang menggunakan MSG ajinomoto memiliki tingkat kesuburan dan pertumbuhan yang lebih baik pada minggu ke tiga dan minggu ke empat dibandingkan tanaman yang menggunakan pupuk kimia biasa.
Ternyata hal ini didukung oleh kandungan MSG ajinomoto, yang terdiri dari kandungan senyawa C, H, O, N, dan Na. kelima unsur senyawa yang terkandung dalam MSG ajinomoto ini merupakan lima unsur senyawa yang diperlukan untuk nutrisi dlam perkembangan tanaman. Kelima unsur tersebut, terutama unsur N memiliki manfaat yang baik untuk :
  • Merangsang pertumbuhan bagian tanaman, seperti batang, cabang dan daun
  • Proses pembentukan protein dan lemak, yang dibutuhkan tanaman dalam melakukan proses pertumbuhan
Jangan gunakan MSG ajinomoto pada tanaman buah
Meskipun memiliki banyak manfaat, namun ternyata ada pantangan yang harus anda taati dalam memanfaatkan MSG ajinomoto untuk tanaman kesayangan anda. perlu diperhatikan bahwa, larutan MSG ajinomoto ini tidak disarankan untuk dipalikasikan pada tanaman buah. Hal ini akan menyebabkan hasil buah – buahan memiliki rasa yang kurang segar, karena tanaman buah membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan tanaman biasa.
Itulah beberapa manfaat Ajinomoto pada tanaman, dan beberapa informasi tambahan lainnya. semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber  : http://manfaat.co.id

Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter