Loading...

Cara Budidaya Pisang Agar Berbuah Lebat dan Besar

Sponsored Links
.
Loading...


Pisang merupakan salah satu jenis buah yang banyak disukai oleh masyarakat. Karena itu banyak sekali olahan makanan dengan menggunakan pisang sebagai bahan utama, maupun pelengkap. Baik olahan dari pisang yang sudah masak maupun masih mentah. Tidak hanya lezat, pisang juga mempunyai berbagai kandungan penting bagi tubuh manusia. Salah satunya sebagai sumber energi.  Namun diperlukan waktu yang cukup lama untuk mendapati pohon pisang hingga berbuah. Pohon pisang bisa tumbuh dengan baik pada daerah beriklim tropis panas, lembab dan pada dataran rendah. Berikut adalah beberapa Cara Menanam Pisang Agar Berbuah Lebat yang bisa anda lakukan :

Cara Menanam Pisang Agar Berbuah Lebat Pertama
Agar pohon pisang cepat berbuah tentu perlu adanya perawatan yang khusus. Pada dasarnya perawatan pohon pisang memang tidak sulit, bisa menggunakan pupuk kandang sebagai langkah pemupukan. Selain itu, lakukan juga pembersihan pada semak-semak yang ada sekitar di sekitar pohon.

Agar mendapatkan buah dengan kualitas yang baik, jumlah anak atau tunas yang tumbuh sebaiknya dikurangi, sisakan tunas sejumlah 1-2 saja. Untuk penanaman jumlah banyak, sebaiknya gunakan pupuk kimia seperti KCL, urea, super fosfat dan batu kapur sebagai sumber kalsium yang utama.
Cara Menanam Pisang Agar Berbuah Lebat
Cara Menanam Pisang Agar Berbuah Lebat
Pada luas lahan 1 hektar, diperlukan 600 kg KCL,  200 kg urea, super fosfat sebanyak 100 kg serta 200 kg batu kapur. Daun-daun yang kering dirapikan kemudian diletakkan di bawah  pohon pisang.


Cara Menanam Pisang Agar Berbuah Lebat Kedua
Cara berikutnya agar pohon pisang cepat berbuah dalah dengan mengetahui berbagai tahapan dengan tepat. Tahapan tersebut meliputi pemilihan bibit, media tanam, perawatan dan lain sebagainya. Pohon pisang akan tumbuh dengan optimal pada tanah yang mengandung berbagai unsur hara yang tinggi, kemudian juga mengandung kapur.

Lakukan pemupukan  menggunakan pupuk kompos serta pupuk kandang. Selain itu, pohon pisang juga harus memperoleh pengairan secara intensif. Meski begitu, hindari lahan dari genangan air. Ketinggian air tanah juga perlu diperhatikan, 50-200 cm untuk daerah basah, 100-200 cm untuk daerah setengah basah  dan untuk daerah yang kering pada ketinggian 50-150 cm.

Cara Menanam Pisang Agar Berbuah Lebat juga harus memilih bibit yang bagus. Pemilihan bibit dilakukan dengan teliti agar mendapatkan bibit pohon pisang yang baik. Bibit yang baik mempunyai panjang sekitar 1 sampai 1,5 meter dan memiliki diameter 15-20 cm. Gunakan bibit dari indukan pisang yang menghasilkan kualitas pisang yang baik serta kondisinya sehat.

Untuk hasil yang baik gunakan anakan yang dewasa, dikarenakan pada umunya sudah terdapat bakal bunga serta menyimpan cadangan makanan pada bonggolnya. Pilihlah bibit yang daunnya berbentuk lancip seperti pedang, berhelai daun yang sempit.

Cara Menanam Pisang Agar Berbuah Lebat yang paling tepat yaitu lakukan penanaman saat menjelang musim hujan, atau antara bulan September-Oktober. Beri pupuk organik seperti pupuk kandang pada lubang yang akan digunakan untuk menanam.  Pemotongan pada tunas serta penyiangan pada rumput maupun gulma dilakukan secara berkala.  Dan dalam proses penyiangan jangan dilakukan terlalu dalam, agar tidak sampai merusak akar dan panjang dari kira-kira 15cm.

Pangkas daun pisang yang mulai mengering dan lakukan juga pemupukan. Pemberian pupuk Nitrogen dilakukan setahun 2 kali secara rutin dan letakkan mengelilingi rumpun pohon pisang. Setelah dipupuk ditutup kembali dengan tanah. Kemudian lakukan juga penyiraman pada pohon pisang secara teratur.
Demikian beberapa Cara Menanam Pisang Agar Berbuah Lebat yang perlu. Lakukan setiap tahapan dengan tepat dan secara rutin. Selamat mencoba dan semoga pohon pisang milik anda akan cepat berbuah dan berkualitas yang baik.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter