Loading...

12 Contoh Peluang Usaha yang Menjanjikan di Desa

Sponsored Links
.
Loading...



Tinggal di desa bukan berarti kita tidak bisa berkembang dan kalah dari orang yang tinggal di kota. Sebenarnya kesempatan untuk menjadi orang sukses tidak hanya ada di kota, namun di desa/kampung kesempatan menjadi sukses juga terbuka lebar. Tentunya semua itu butuh perjuangan serta kerja keras, karena berada di manapun kita, selama kita tidak mau berusaha maka kesuksesan tidak akan pernah datang menemui kita.


Lalu usaha apa saja yang bisa di jalankan di desa dengan modal kecil? berikut ini saya telah mengumpulkan 7 contoh usaha di desa yang bisa anda coba, semoga anda terinspirasi.


 Contoh Usaha di Kampung Menjanjikan

1. Jualan Pulsa Elektrik

Apabila dahulu ponsel hanya di miliki oleh orang kota, kini ponsel atau bahkan smartphone sudah di miliki oleh banyak orang entah itu orang kota maupun orang desa. Hal tersebut tidak bisa lepas dari perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Melihat peluang tersebut anda bisa memulai usaha jualan pulsa ini, selain menjual pulsa untuk HP anda juga bisa menjual pulsa token listrik.


2. Membuka Toko Kelontong



Usaha ini sangat cocok di jalankan sebagai bisnis sampingan untuk ibu rumah tangga. Toko kelontong merupakan toko dengan ukuran sederhana yang menjual keperluan sehari-hari para ibu rumah tangga seperti sembako, makanan ringan, bumbu, perabot rumah tangga dan lain sebagainya.


3. Budidaya Ikan

Usaha ini bisa di coba dari hobi anda yang suka dengan ikan. Anda harus menentukan jenis ikan apa yang anda budidaya, apakah anda ingin budidaya ikan pedaging atau ikan hias. Salah satu jenis ikan yang mudah perawatannya ialah ikan lele, ikan ini bisa bertahan hidup meski di dalam air keruh. Anda bisa menentukan jenis ikan sesuai keinginan anda.


4. Ternak Hewan

Sudah bukan rahasia umum lagi apabila ternak hewan menjadi primadona usaha di desa yang menguntungkan. Salah satu alasan mengapa banyak orang yang ternak hewan adalah tersedianya makanan hewan yang melimpah seperti rumput. Contoh hewan yang bisa anda ternak cukup banyak seperti sapi, kerbau, kambing, ayam dan lain sebagainya.


5. Usaha Menjahit

Menjahit hanya di peruntunkan bagi anda yang memiliki keahlian dalam bidang menjahit. Namun apabila anda ingin membuka usaha menjahit di desa maka anda bisa membangun kios dan mencari karyawan. Sehingga anda tinggal memantau dan mengembangkan bisnis menjahit anda.


6. Bisnis Online

Apakah anda mengerti apa itu bisnis online? menurut saya pribadi bisnis online merupakan sebuah bisnis yang di jalankan secara online melalui laptop/komputer yang terhubung dengan internet. Bisnis online sangat menjanjikan untuk di coba, seperti menjual bibit tanaman online lewat sosial media.


7. Menjual Bibit Tanaman

investasi untuk bisnis ini relatif kecil dengan modal awal pembelian bibit dengan skala besar tentu akan murah harganya. lalu mempersiapkan lahan untuk pembibitan serta kebun induk yang dirintis untuk kedepannya sebagai kebun induk untuk entres berbagai macam bibit tanaman. potensi ini bisa dikembangkan dengan memperluas areal kebun bibit atau dengan mensuplai ke daerah lain bibit tersebut.

8. Usaha Pembuatan dan Pengemasan Makanan ringan
Pembuatan makanan ringan seperti keripik, dodol, jenang, kerupuk, jajanan khas suatu daerah atau usaha kecil yang memang punya potensi di wilayah desa tersebut atau bisa di kembangkan ke daerah lain. atau bisa juga pengemasan makanan ringan yang sudah ada dibungkus dengan kemasan lebih kecil dan di jual kewarung warung terdekat atau supermarket.

9. Toko Pakaian

Pakaian atau sandang merupakan kebutuhan pokok manusia, jadi tidak heran bila usaha di bidang ini akan lebih mudah berkembang. Dan, di desa dimana jarak antara tempat tinggal dan tempat menjual pakaian di tengah kota sangat jauh, maka toko pakaian akan menjadi solusi untuk masalah ini. Anda pun akan lebih mudah mengembangkan ide usaha ini, mendapat lebih banyak konsumen dan keuntungan.

10. Pengepul Hasil Panen

Banyak penduduk desa yang berprofesi sebagai petani. Saat panen tiba, berbagai hasil panen akan lebih mudah Anda dapatkan. Kondisi ini sangat ideal untuk memulai usaha penjualan hasil panen. Anda dapat menjadi distributor yang membeli dari petani lokal lalu mengirimkannya ke pasar atau menjualnya langsung di tempat Anda.

11. Pom Bensin Mini

Saat ini, alat transportasi yang menggunakan bahan bakar minyak atau BBM sudah tersebar dan menjangkau ke semua tempat, termasuk desa-desa terpencil. Sayangnya, penyebaran stasiun pengisian BBM belum seluas penyebaran alat transportasi ini. Anda dapat menyediakan solusi untuk masalah ini dengan mendirikan pom bensin mini. Produk dan layanan Anda pasti akan dibutuhkan karena memberikan kemudahan bagi pemilik alat transportasi di desa.

12. Service elektronik
Masyarakat pedesaan masih berpedoman bahwa barang elektronik merupakan barang yang berharga. jadi biasanya apabila barang elektroniknya rusak ada kecenderungan untuk memperbaiki atu service barang tersebut dibanding dengan beli baru. jika mempunyai ketermapilan elektronik bisa juga dijadikan peluang usaha yang menjanjikan.


Itulah 12 contoh usaha di desa yang bisa anda coba, anda tertarik dengan salah satunya? silahkan anda jawab sendiri dan mulailah berwirausaha sekarang juga. Kami rasa cukup sekian, semoga bermanfaat, salam sukses dan terimakasih telah membaca Contoh Usaha di Kampung/Desa Menjanjikan.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter