Loading...

Peternak Sukses Penggemukan Sapi Untung Ratusan Juta per Bulan - Kisah Inspirasi

Sponsored Links
.
Loading...

Berawal dari hobi memelihara sapi, seorang pria di Ponorogo kini menjadi peternak sapi sukses, dengan keuntungan mencapai Rp 500 juta per bulan. Kini, kiat suksesnya ditularkan kepada para pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS)/Polisi dan TNI yang ingin bermitra dengannya. Bahkan, beberapa yang sudah bermitra dengan sang peternak, kini juga turut menikmati omset ratusan juta rupiah perbulan. Bagaimana kiat-kiat sukses nya?

Memandikan ratusan sapi yang kotor dan berbau. Berada di kandang, di antara kotoran dan pakan sapi. Inilah sebagian rutinitas yang dijalani Imam Faruqi, warga desa Tugu, kecamatan Mlarak, Ponorogo. Meski terlihat kotor, bau dan menjijikkan, namun dari sinilah pundi-pundi rupiah kekakayaannya berasal. Beternak sapi atau lebih tepatnya penggemukan sapi. Namun bukan satu dua ekor sapi yang kini menghuni kadang-kadang milik Faruqi, yang terletak tepat di belakang rumahnya. Tapi ada sekitar 100 ekor sapi jantan, anakan dan sudah siap potong di sana. Kandang penggemukan ini pun diklaim sebagai yang terbesar kedua yang ada di Jawa Timur, selain peternakan serupa di Pasuruan.

Kisah sukses Faruqi berawal dari hobi memelihara sapi sejak kecil, namun masih dengan cara tradisional. Sekitar tahun 80-an, ia menggagas penggemukan sapi. Walau berulangkali gagal, akhirnya ia menemukan formula khusus untuk menggemukkan sapi dengan cepat. Salah satu komponen pakannya dengan menggunakan jerami kering dan konsentrat, sebagai pakan sapi. Hasilnya fantastis, berat badan sapi bisa naik hingga 2 kilogram setiap hari, atau 60 kilogram per bulan. Jadi bisa dibayangkan dahsyatnya bisnis ini, karena jika dipelihara selama empat bulan, berat badan sapi akan naik sekitar 240 kilogram.

Faruqi pun tak segan buka-bukaan soal teknik, yang membuatnya berhasil menggeluti usaha penggemukan sapi yang membuatnya makin bersemangat ini.

Tekniknya ternyata sederhana, Faruqi membeli sapi jantan kurus, tapi berperawakan bagus, kemudian digemukkan sekitar 4 bulan, lalu dijual lagi. Dari teknik ini, ia bisa meraup keuntungan besar. “Perbulan, sekitar Rp 200 juta, per seratus ekor sapi,” ungkapnya. Padahal, sapi yang dimilikinya sekitar 300 ekor mulai dari jenis lomousin, brahman,dan brangus. Jadi tinggal hitung saja berapa omzetnya.

Dalam bisnis ini, rupanya tidak mengenal adanya limbah atau sisa hasil produksi, karena dari berbagai limbah yang dihasilkan, juga bisa diciptakan keuntungan lain, seperti penjualan pupuk organik dari kotoran sapi dan pupuk cair dari fermentasi urin (kencing) sapi. Omset penjualannya pun tidak sedikit, bisa mencapai ratusan juta rupiah pula.

Meski sapi peliharaannya sudah sangat banyak, namun, menurut Faruqi, masih selalu kurang untuk memenuhi suplai kebutuhan konsumen. “Permintaan konsumen di Indonesia, khususnya Jakarta, Sumatera, kalimantan dan kota kota besar lainya, masih sangat kurang,” jelasnya.

Masih terbukanya peluang usaha penggemukan sapi, membuat bapak dua anak ini makin giat mengembangkan usaha. Ia menggandeng pensiunan PNS, Pensiunan Polisi, TNI dan petani sekitar, untuk ikut menggemukkan sapi dengan program kemitraan. Tidak hanya di Ponorogo, namun juga warga di Wonogiri dan Sukoharjo Jawa Tengah. Sudah ratusan warga dan pensiunan yang ikut kemitraan, dengan jumlah sapi sekitar 200 ekor.

Banyaknya warga yang tertarik dengan ternak sapi, karena bisnis penggemukan sapi dianggap lebih mudah dan kecil resiko. “Sapi lebih kebal penyakit, dibanding ayam, atau ternak lainnya. Selain itu, dibanding memelihara ayam seribu tentunya lebih mudah memelihara sapi satu, yang jika dikonversi harganya adalah sama,” tambahnya.

Selain itu, pertumbuhan sapi lebih cepat sedangkan kebutuhan daging sapi terus meningkat. Sementara, suplai daging sapi dalam negeri masih kurang dan harus dicukupi dengan impor. Ia yakin, berapapun sapi yang digemukkan, berapapun banyak peternaknya, sapi dipastikan tetap akan laku terjual.

Melihat potensi yang masih terbuka lebar, ia terus mencari mitra baru yang mau bekerja sama dalam penggemukan sapi ini. “Siapapun bisa, asal dengan kemampuan dan memiliki faslitas untuk penggemukannya. Kami siap membantu, berbagi ilmu, bekerja sama. Sama-sama untung,” pesannya. Anda minat, tak ada salahnya menjadi peternak sapi potong.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter