Loading...

Tips Cara untuk Atasi Buah Pecah Pada Budidaya Tanaman Melon

Sponsored Links
.
Loading...

Cegah buah melon pecah.





Melon (Cucumis Melo L) adalah salah satu jenis tanaman buah yang banyak dibudidayakan. Namun kendalanya, pembudidaya kerap mendapati buah melon dalam kondisi pecah menjelang masak buah atau panen. Kondisi itu diperparah bila terjadi perubahan cuaca secara drastis. 
Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Dilansir dari laman bebeja.com, berikut tips meminimalisir buah melon pecah. 

1. Buah ganda
Buah pertama biasanya muncul di ketiak daun ke-11 dan berbobot besar karena dipelihara tunggal. Dengan penggandaan buah, buah lain yang muncul di ketiak daun ke-20 dipelihara. Sekitar 50% dari total buah kedua umumnya jarang mengalami buah pecah.

2. Penyiraman
Melon tidak menyukai air berlebihan sehingga sangat cocok ditanam memakai mulsa jerami atau plastik. Pada musim hujan lakukan penyiraman 20 hari sekali, sedangkan pada musim kemarau 8-10 hari sekali. Buah melon membutuhkan air lebih banyak saat pembesaran buah sehingga frekuensi penyiraman pada kondisi ini dilakukan setiap 4-5 hari.

3. Pemupukan
Pemupukan pertama dilakukan saat tanaman berumur 7 hari memakai pupuk Urea dosis 25 gram per tanaman. Pemberian pupuk dilakukan pada jarak 10-15 cm dari tanaman dan dikocorkan. Pemupukan kedua dilakukan saat tanaman berumur 16 hari memakai pupuk ZA, TSP, dan KCL dengan perbandingan 2:1:1 plus NPK 15:15:15. Setiap tanaman mendapat sekitar 40 gram pupuk dengan jarak penaburan sekitar 30 cm dari tanaman. Ulangi perlakuan ini pada saat tanaman menginjak umur 40 hari dan 60 hari.


Sumber :  http://www.jitunews.com/read/38426/tips-jitu-atasi-buah-melon-pecah#ixzz49DVS864L
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter