Loading...

Cara Mudah Menanam Kemangi (Ocimum canum)

Sponsored Links
.
Loading...
Daun kemangi memiliki nama ailmiah Ocimum canum.di Indonesia kemangi telah banyak dibudidayakan karena beberapa masakan di Indonesia kemangi merupakan pelengkap masakan. Daun kemangi memiliki wangi yang khas serta daunnya yang terlihat hijau dan segar membuat kita selalu tergoda dengan berbagai jenis masakan yang dilengkapi dengan daun kemangi. 
Terkadang daun kemangi juga sering digunakan sebagai lalapan di beberapa daerah di Indonesia seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan masih banyak lainnya. Selain menambah cita rasa pada masakan, daun kemangi juga ternyata memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Banyaknya nilai manfaat yang dimiliki oleh tumbuhan kemangi menjadi latar belakang banyaknya masyarakat kita yang mulai membudidayakan tumbuhan kemangi. Berikut beberapa cara dalam budidaya kemangi yang perlu Anda ketahui.
Cara Budidaya Kemangi
  • Syarat pertumbuhan kemangi
Budidaya kemangi cukup mudah untuk di tanam. Anda tidak perlu menggunakan teknik khusus untuk menanam kemangi. Daun kemangi juga bisa tumbuh di mana saja. Kemangi akan tumbuh dengan baik di tanah yang banyak mengandung asam. Kemangi juga bisa bertahan pada cuaca dingin dan panas. Perbedaan iklim hanya akan berpengaruh pada perbedaan penampilan tumbuhan kemangi saja. Perihal rasa dan kualitas dapat dipastikan sama saja antara kemangi yang ditanam di daerah yang bercuaca dingin dan kemangi yang ditanam di daerah yang bercuaca panas. Umumnya budidaya kemangi dapat dilakukan di daerah yang beriklim dingin. Daun kemangi yang di tanam di dataran tinggi akan memiliki daun yang lebih lebar dan lebih hijau dibandingkan dengan yang budidaya kemangi di cuaca beriklim panas.
  • Teknik pemilihan benih kemangi
Benih daun kemangi berupa kecambah yang berasal dari biji-biji kemangi. Untuk mendapatkan benih yang unggul, sebaiknya Anda menggunakan biji-biji tumbuhan kemangi unggul dan memiliki kualitas baik. Biji-biji kemangi diperoleh dari bunga kemangi yang sudah masak dari pohonnya. Biji yang siap tumbuh umunya memiliki ciri-ciri warna hitam dan kering. Warna biji yang hitam dan kering adalah biji yang sudah tua. Anda perlu menyemai biji-biji tersebut kemudian baru ditanam di media tanam.
  • Persiapan media tanam kemangi
Tanah yang dipersiapkan untuk budidaya kemangi sebaiknya tanah yang gembur, subur, dan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang. Jika tanah terlalu lengket, Anda bisa tambahkan pasir secukupnya. Media tanam kemangi juga sebaiknya memenuhi kriteria seperti dekat dengan sumber air dan dilengkapi dengan parit drainase agar kebutuhan air tercukupi.
  • Teknik Penanaman Benih Kemangi
Dalam budidaya kemangi menanam biji-biji kemangi yang sudah dipersiapkan sebelumnya, Anda hanya perlu menaburkan biji-biji kemangi yang sudah masak. Biji yang sudah ditanam kemudian dilapisi dengan tanah secara tipis. Tunggu beberapa hari hingga benih tumbuh di media persemaian. Jika Anda melihat tanaman benih dengan jarak terlalu rapat, Anda dapat memindahkan beberapa di antaranya agar jarak tanaman benih seragam sehingga dapat tumbuh secara optimal.
  • Teknik budidaya kemangi
Daun kemangi yang masih muda kemudian anda pindahkan pada media tanam yang sebenarnya. Anda juga perlu mengontrol apakah tanaman kemangi muda dapat tumbuh dengan baik di media tanam tersebut. Jika tidak, segera cek kondisi tanahnya dan segera campurkan tanah pada media tanam dengan pupuk kandang. Tanaman hama seperti rumput perlu dicabut secara detail karena dapat mengganggu tanaman kemangi muda. Anda juga perlu memangkas bunga-bunga tumbuhan kemangi setiap seminggu sekali agar pertumbuhan pucuk tumbuhan kemangi dapat maksimal.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter