Loading...

Ubi Cilembu Tanaman Berkhasiat Atasi Diabetes hingga Kanker

Sponsored Links
.
Loading...
Ubi cilembu dikenal tidak hanya rasanya yang enak. Siapa sangka ternyata ubi yang dikenal sebagai ubi madu ini memiliki khasiat jitu bagi kesehatan tubuh manusia. 
Ubi Cilembu diketahui kaya serat, antioksidan, vitamin A, C, D, E, B2, B6 dan mineral (zat besi, folat dan mangan) yang berguna bagi kesehatan kulit. Sedang kandungan karbohidratnya baik untuk proses diet. Beberapa khasiat lain dari ubi ini adalah :
Menjaga kadar gula darah
Rasa manis madu dalam daging ubi merupakan pemanis alami yang tidak berpengaruh pada kenaikan kadar gula darah (glukosa). Sehingga akan sangat aman ketika dikonsumsi oleh penderita diabetes sebagai pengganti nasi.
Mencegah kanker
Kandungan vitamin A dan betakaroten yang terdapat dalam warna orange merah ke kuning-kuningan ubi Cilembu berkhasiat membantu mencegah penyakit kanker mulut dan paru-paru. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian di Harvard University dimana dari 124 responden penderita kanker paru-paru yang mengkonsumsi ubi Cilembu, sebanyak 32% diantaranya mengalami kesembuhan setelah mengkonsumsi ubi secara rutin.
Mencegah serangan jantung
Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada ubi ternyata berkhasiat mencegah serangan jantung. Sementara potasiumnya membantu menjaga detak jantung normal dan melindungi kesehatan jantung.
Mengatasi stress
Menikmati ubi Cilembu hangat di sore hari lengkap dengan pemandangan asri alam terbuka akan membantu mengusir rasa stres. Hal ini ditimbulkan oleh kandungan mineral potassiumnya.    
Berguna untuk diet
Ubi Cilembu ternyata efektif digunakan dalam program diet. Dalam hal ini, ubi Cilembu bisa direbus atau dibakar dan dijadikan sebagai bahan sarapan pengganti nasi. Kandungan serat di dalamnya bermanfaat menjaga nafsu makan dan membuat perut kenyang lebih lama. Satu buah ubi ukuran sedang mengandung sekitar empat gram serat.
Mencegah penuaan dini
Ubi Cilembu mengandung vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Tak salah bila ubi yang satu ini dimanfaatkan sebagai bahan untuk produk kosmetik. Sementara kandungan betakaroten nya berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Jadi, manfaatkanlah ubi Cilembu untuk mengembalikan kehalusan dan keindahan kulit Anda.
Mengontrol kadar gula dalam darah
Apabila mengonsumsi karbohidrat, seseorang cenderung bertambah kadar gula dalam darahnya. Maka tak heran bila banyak orang menyarankan agar mengonsumsi ubi dengan cara dikukus atau diakar dan tidak menambahkannya dengan gula ataupun saus.
Baik untuk ibu hamil
Kandungan seperti zat besi dan vitamin D bisa membantu menyehatkan tubuh ibu hamil. Kandungan vitamin D juga dipercaya merangsang hormon yang dapat memicu kehamilan.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter