Loading...

Tak Disangka dan di Duga!! Ternyata Tanaman Suweg Bermanfaat Untuk Obat Diabetes dan Kolesterol

Sponsored Links
.
Loading...
Tanaman Suweg, Obat Alami Untuk Penderita Diabetes dan Menjaga Kadar Kolesterol Darah 

Suweg

 Tumbuhan suweg ini merupakan tumbuhan herba dan menahun, batangnya berbentuk tegak, lunak, halus berwarna hijau atau hitam belang-belang putih. Batang tunggal memecah menjadi tiga batang sekunder dan akan memecah lagi sekaligus menjadi tangkai daun. Pada setiap pertemuan batang akan tumbuh bintil berwarna cokelat kehitam-hitaman sebagai alat perkembangbiakan suweg. Tinggi tanaman dapat mencapai 1,5 meter sangat tergantung umur dan kesuburan tanah.

Suweg awalnya ditemukan di daerah tropis dari Afrika sampai ke pulau-pulau Pasifik, kemudian menyebar ke daerah beriklim sedang seperti Cina dan Jepang. Jenis A. muelleri Blume, awalnya ditemukan di Kepulauan Andaman India, menyebar ke arah timur melalui Myanmar masuk ke Thailand dan ke Indonesia.

Tanaman ini tumbuh dimana saja seperti di pinggir hutan jati, di bawah rumpun bambu, di tepi-tepi sungai, di semak belukar dan di tempat-tempat di bawah naungan yang beranekaragam. Untuk mencapai produksi umbi yang tinggi diperlukan naungan 50-60% Tanaman ini tumbuh dari dataran rendah sampai 1000 m di atas permukaan laut, dengan suhu antara 25-350C, sedangkan curah hujannya antara 300-500 mm per bulan selama periode pertumbuhan. Pada suhu di atas 35o C daun tanaman akan terbakar, sedangkan pada suhu rendah menyebabkan suweg mengalami dormansi.

Tumbuhnya bersifat tersebar di hutan-hutan atau di pekarangan-pekarangan, dan belum banyak dibudidayakan. Suweg dapat tumbuh baik pada tanah bertekstur ringan yaitu pada kondisi liat berpasir, strukturnya gembur, dan kaya unsur hara, di samping itu juga memiliki pengairan baik, kandungan humus yang tinggi, dan memiliki pH tanah 6 – 7,5. Tanaman obat ini mudah ditemukan di pulau Jawa dengan habitat semak-semak yang tumbuh dalam siklus tahunan dan dapat tumbuh hingga mencapai satu meter.

Manfaat Tanaman Suweg
  • Sumber karbohidrat
  • Sumber serat Untuk Melancarkan Pencernaan
  • Bagus untuk menurunkan/menjaga kadar gula darah
  • Serat tinggi mencegah dan menurunkan kolesterol darah
  • Bahan Kosmetik
  • Bahan mie instan, roti
  • Mencegah kanker usus
  • Mencegah obesitas

Manfaat suweg sangat banyak sekali terutama untuk industri dan kesehatan, karena kandungan zat glucomanan yang ada di dalamnya. Suweg merupakan jenis tanaman umbi yang mempunyai potensi dan prospek untuk dikembangkan di Indonesia.

Selain mudah didapatkan, tanaman ini juga mampu menghasilkan karbohidrat dan tingkatan panen tinggi. Umbinya besar mencapai 5 kg, cita rasanya netral sehingga mudah dipadu padankan dengan beragam bahan sebagai bahan baku kue tradisional dan modern. Sayangnya umbi ini semakin tidak diminati dan bahkan mulai langka. Padahal suweg sangat potensial sebagai bahan pangan sumber karbohidrat. Suweg dapat digunakan sebagai bahan lem, agar-agar, mi, tahu, kosmetik dan roti. 
Tepung suweg dapat dipakai sebagai pangan fungsional yang bermanfaat untuk menekan peningkatkan kadar glukosa darah sekaligus mengurangi kadar kolesterol serum darah yaitu makanan yang memiliki indeks glikemik rendah dan memiliki sifat fungsional hipoglikemik dan hipokolesterolemik. Suweg sebagai serat pangan dalam jumlah tinggi akan memberi pertahanan pada manusia terhadap timbulnya berbagai penyakit seperti kanker usus besar, divertikular, kardiovaskular, kegemukan, kolesterol tinggi dalam darah dan kencing manis. 

Di Filipina umbi suweg sering ditepungkan mengganti kedudukan terigu dan biasanya dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan roti. Di Jepang, umbi-umbian sekerabat suweg telah banyak dimanfaatkan untuk bahan pangan, misalnya bahan pembuatan mie instan.

Kandungan gizi Suweg

Adapun kandungan gizi dari 100 gram suweg adalah :
  • 69 Kalori
  • Protein 1,0 gr
  • Lemak 0,1 gr
  • Karbohidrat 15,7 gr
  • Kalsium 62 mg
  • Fosfor 41 mg
  • Besi 4,2 mg
  • Vitamin B1 0,07 mg
  • Air 82 gr
  • Bagian yang dapat Dimakan 86 %
Cara Menanam dan Budidaya suweg
Tunas yang terdapat di sekeliling buah suweg harus dipilih untuk ditanam. Setelah tunas terpilih, tanam tunas tersebut dalam lubang ± 15 cm. Suweg bisa tumbuh baik di tempat tempat yang lembab dan terlindung dari sinar matahari. Tanaman ini membutuhkan suhu rata-rata harian 25 – 35 ° C. Curah hujan rata-rata tahunan yang dibutuhkan antara 100 mm-1500 mm. Untuk hasil yang baik, tanaman suweg menghendaki tanah yang subur serta tidak becek , selain itu derajat keasaman tanah yang ideal adalah antara PH 6 – 7 serta pada kondisi jenis tanah apa saja. Naungan yang ideal untuk tanaman suweg adalah jenis Jati, Mahoni Sono, dan lain-lain yang dapat menaungi serta terhindar dari kebakaran. Tingkat kerapatan naungan minimal 40% sehingga semakin rapat semakin baik, sedangkan untuk masa panen dapat dilakukan setelah berumur 3 tahun (3 kali pertumbuhan).

Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter