3 Cara Jitu dan Efektif Mencegah Hama dan Penyakit Pada Tanaman Cabe Agar Berbuah Lebat

.
.
Hama dan penyakit merupakan salah satu masalah yang sangat mengganggu dalam bidang pertanian dan juga perkebunan. Salah satu tanaman yang sering terganggu oleh hama dan penyakit adalah tanaman cabe. Tanaman cabe merupakan tanaman yang paling sering  diganggu oleh hama dan penyakit. Makanya jarang orang yang mau menanam cabe dikarenakan sulitnya melakukan perawatan. Tapi jika kita paham dan mengerti apa saja yang menjadi prioritas utama didalam budidaya cabe, tentu hal ini tidaklah menjadi masalah, terutama kita tahu bagaimana cara mencegah hama dan penyakit pada tanaman cabe.
Image result for Cara Ampuh Mencegah Hama dan Penyakit Pada Tanaman Cabe
Mencegah dan membasmi hama penyakit pada tanaman cabe sebenarnya mudah untuk dilakukan. Namun hal ini belum banyak orang yang mengetahuinya, terutama bagi para petani cabe yang masih pemula. Akhirnya yang diharapkan tidak dapat terpenuhi dengan sempurna dikarenakan hasil panen cabe kurang maksimal. Penyebab utama kenapa tanaman cabe kurang maksimal adalah karena adanya hama pengganggu dan juga faktor penyakit dan alam. Jadi ketiga faktor tersebut sangat mempengaruhi terhadap tanaman cabe, jika tiga hal tersebut yaitu hama, penyakit dan faktor alam tidak mengganggu tanaman cabe, maka dapat dipastikan tanaman cabe akan menghasilkan cabe yang berkualitas.

Namun dari ketiga faktor tersebut yang paling dominan mengganggu tanaman cabe adalah serangan hama dan penyakit. Banyak hama dan penyakit yang suka mengganggu pertumbuhan tanaman cabe. Kita sudah tahu bahwa tanaman cabe ini sangat rentan terhadap serangan hama dan penyakit, jadi sebisa mungkin kita harus melakukan pencegahan supaya tidak mengganggu tanaman cabe yang sudah kita budidayakan. Biasanya masalah yang sering terjadi pada tanaman cabe adalah daun cabe menjadi keriting dan pertumbuhan buah cabe menjadi tidak maksimal. Apa sebenarnya penyebab daun keriting pada tanaman cabe ini?

Cara mencegah hama dan penyakit pada tanaman cabe bisa kita lakukan dengan beberapa tahap, sehingga dengan demikian hasil budidaya cabe yang anda lakukan akan berhasil. Maka dari itu disini akan memberikan informasi tentang bagaimana cara mencegah hama penyakit pada tanaman cabe. Yuk kita simak penjelasannya berikut ini. 

Cara Ampuh Mencegah Hama dan Penyakit Pada Tanaman Cabe 


1. Menyemprot dengan pestisida

Cara mencegah agar tanaman cabe tidak diserang hama dan penyakit bisa kita lakukan dengan menyemprotkan pestisida pada tanaman cabe secarea rutin dan bertahap. Penyemprotan ini bertujuan untuk mencegah agar hama dan penyakit pada tanaman cabe tidak mengganggu. Cara melakukan penyemprotan pestisida ini juga harus diperhatikan aturannya, jadi tidak sekedar menyemprot begitu saja, ada takaran dan aturan yang harus kita terapkan.


2. Membersihkan lokasi atau lahan

Sebelum anda menanam cabe, sebaiknya anda bersihkan lokasi atau lahan tempat dimana anda akan menanam cabe. Supaya nanti tidak ada hama dan penyakit yang menggangu tanaman cabe yang anda tanam. Karena biasanya hama dan penyakit ini akan muncul apabila kondisi lahan tidak bersih, semak, dan kumuh. Jadi untuk mencegah hama dan penyakit pada tanaman cabe bisa juga dilakukan dengan membersihkan lingkungan dan lokasi tempat menanam cabe.


3. Memberikan nutrisi pada tanaman cabe

Cara ampuh mencegah hama dan penyakit pada tanaman cabe selanjutnya adalah dengan memberikan nutrisi pada tanaman cabe, sehingga dengan adanya nutrisi tersebut, maka cabe akan lebih kebal terhadap hama dan penyakit.

Itulah beberapa Cara Mencegah Hama dan Penyakit Pada Tanaman Cabe, mudah-mudahan informasi singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive