3 Cara Jitu dan Mudah Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Oyong / Gambas

Sponsored Links
Mengatasi Hama dan Penyakit pada tanaman merupakan hal yang wajar dilakukan jika kita melakukan budidaya tanaman. Karena biasanya dalam melakukan budidaya tanaman, pasti masalah yang dihadapi adalah hama dan penyakit. Seperti halnya tanaman gambas, tentu akan mengalami masalah seperti terjangkit hama dan penyakit.

Gambas atau biasa juga disebut oyong, dalam bahasa latinnya ( Luffa acutangula ) adalah salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan masyarakat. Pembudidayaan gambas bisa dilakukan dikebun atau pekarangan, juga lebih baik jika ada lahan yang luas. Tanaman gambas ini memiliki masa panen yang singkat dan cepat. Gambas biasanya akan dijadikan sayuran dan tentunya memiliki nilai gizi yang cukup tinggi.

Didalam melakukan budidaya gambas, sudah tentu hal yang menjadi masalah adalah adanya serangan hama dan penyakit. Hama dan penyakit pada tanaman gambas ini biasanya akan menyerang pada daun gambas. Contoh hama tanaman gambas ini seperti, kumbang daun, ulat grayak, lalat buah, dan sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini dasar pertanian akan share sedikit informasi tentang bagaimana cara mengatasi hama penyakit pada tanaman gambas.

Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Gambas


1. Lakukan Penyemprotan Hama dan Penyakit
Agar tanaman gambas terhindar dari hama dan penyakit, langkah yang harus anda lakukan adalah menyemprot atau membasmi hama penyakit dengan produk pembasmi hama dan penyakit. Anda bisa membeli ditoko pertanian sudah banyak yang menjualnya.

Untuk Hama jenis Kumbang Daun

Hama Kumbang Daun Pada Tanaman Gambas
Hama kumbang daun ini biasanya akan menyerang bagian daun dari tanaman gambas. Tanda-tandanya adalah daun akan berlubang, awalnyasedikit dan lama-lama menjadi banyak. Jika tidak segera ditanggulangi maka dapat menyebabkan tanaman gambas menjadi tidak maksimal dalam pertumbuhan dan menghasilkan buah.

Cara menanggulanginya :
  • Dengan cara kimiawi : yaitu melakukan penyemprotan dengan insektisida, seperti Decis 2, EC atau bisa juga yang 500 EC. Pemakaian bisa dilakukan sesuai anjuran dalam kemasan.
  • Dengan cara non-kimiawi : yaitu dengan cara mengatur waktu tanam serempak dan pergiliran ( rotasi ) tanaman dengan tanaman lain yang bukan inang utama kumbang. ( sumber dari ruangtani.com).
2. Rajin Memberi Nutrisi Bagi Tanaman Gambas
Agar tanaman kebal terhadap hama dan penyakit, maka rajinlah anda beri nutrisi pada tanaman gambas. Untuk nutrisi yang baik anda bisa cari ditoko pertanian pasti sudah banyak yang menjualnya. Dengan memberikan nutrisi tersebut, maka tanaman akan lebih tahan terhadap hama dan penyakit.

3. Berikan Perawatan Intensif
Langkah yang harus anda lakukan agar tanaman gambas tidak diserang oleh hama dan penyakit adalah dengan merawatnya secara intensif. Jangan setengah-setengah dalam menanam gambas jika ingin mendapatkan hasil yang baik.

Mungkin ketiga hal diatas jika anda terapkan dengan baik, maka tanaman gambas anda tidak akan diserang hama dan penyakit. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive