Cara Jitu dan Efektif Kapan Pemberian Pupuk Kandang / Pupuk Organik Pada Tanaman Cabe Agar Hasil Melimpah

Sponsored Links
Budidaya cabe menjadi kegiatan yang cukup menyenangkan, karena disamping kita akan mendapatkan keuntungan yaitu tidak perlu membeli cabe dipasar, kita juga akan mendapatkan kesenangan tersendiri, contohnya bagi saya pribadi adalah akan membuat pikiran stres menjadi hilang. Apalagi jika melihat tanaman cabe mulai berbuah lebat, tentu saja hal tersebut akan membuat kita senang. Jadi sudah sepantasnya jika kita menanam cabe harus merawatnya sebaik mungkin agar tanaman cabe dapat berbuah lebat. Selain itu pemberian pupuk juga perlu dilakukan untuk membuat tanaman menjadi subur, tanah juga subur, sehingga budidaya cabe yang kita lakukan akan berhasil.

Untuk meningkatkan hasil dalam budidaya cabe ini diperlukan beberapa cara, salah satunya adalah dengan memberi pupuk. Nah untuk jenis pupuk yang cocok bagi tanaman cabe ini juga yang perlu diperhatikan. Namun pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pentingnya memberikan pupuk kandang pada tanaman cabe. Kenapa harus pupuk kandang? Perlu anda ketahui bahwa manfaat pupuk kandang bagi tanaman adalah dapat memberikan kesuburan dan mensuplai unsur hara pada tanah, sehingga tanaman menjadi subur. Untuk jenis pupuk kandang yang bisa digunakan antara lain yaitu, kotoran sapi, kambing, ayam, dan lain-lain. Untuk kriteria pupuk kandang yang baik digunakan pada tanaman adalah kotoran yang sudah kering dan tidak lagi basah. Karena jika kotoran tersebut masih basah, maka bisa menyebabkan tanaman menjadi mati karena panas.

Pemberian pupuk kandang pada tanaman cabe juga akan menghasilkan banyak manfaat. Sebagaimana sudah saya lakukan sendiri dalam budidaya cabe yang saya lakukan di pekarangan rumah. Jadi saya hanya memanfaatkan kotoran ternak, dalam hal ini pupuk yang saya gunakan adalah kotoran kambing karena memang yang dipelihara adalah kambing. Jadi saya kumpulkan kotoran kambing tersebut dan dibiarkan sampai kering, kemudian saya aplikasikan pada tanaman cabe yang sudah saya tanam.

Untuk dosis pemberian pupuk kandang pada tanaman cabe ini sebenarnya tergantung dari kebutuhan tanaman cabe tersebut. Yang saya lakukan dalam memberikan pupuk kandang adalah dengan mengatur dan mengukur kadar tanah dan kesuburan tanah yang saya gunakan untuk menanam cabe. Jika tanah atau lahan yang saya gunakan untuk menanam cabe sudah memiliki unsur hara yang cukup banyak, maka saya hanya memberikan sedikit pupuk kandang pada tanaman cabe tersebut. Saya hanya memberikan pupuk kandang pada tanaman cabe sekitar 1-2 genggam per batang tanaman cabe. Tapi sekali lagi itu semua tergantung dari kebutuhan hara pada tanah.

Kapan saatnya memberikan pupuk pada tanaman cabe ini juga yang perlu kita perhatikan. Nah untuk kapan saatnya kita harus memberikan pupuk kandang pada tanaman cabe ini, maka anda bisa ikuti apa yang saya lakukan berikut ini.

Pemberian Pupuk Kandang Pada Tanaman Cabe


Pemberian Pupuk Kandang Pada Tanaman Cabe 


1. Memberikan pupuk dasar sebelum menanam cabe

Sebelum anda menanam bibit cabe, maka sebaiknya anda berikan pupuk dasarnya terlebih dahulu menggunakan pupuk kandang, bisa kotoran sapi, kambing, atau ayam. Setelah itu campurkan pupuk kandang dengan tanah dan biarkan tanah selama 1-2 minggu agar pupuk dapat beradaptasi. Setelah itu baru tanam bibit cabe dengan metode yang sudah anda tentukan.

2. Memberikan pupuk setelah tanaman berumur 1 bulan

Untuk tahap pemupukan selanjutnya anda bisa berikan setelah tanaman berusia kurang lebih 1 bulan, dengan dosis sesuai dengan kebutuhan tanah dan tingkat kesuburan tanah. Pemupukan selanjutnya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan.


3. Memberikan pupuk kandang ketika tanaman cabe berbunga dan berbuah

Dalam masa berbuah, tanaman cabe juga membutuhkan pupuk kandang guna memberikan nutrisi yang dibutuhkan tanaman cabe ketika berbunga.

Mungkin hanya itu yang biasa saya lakukan untuk memberikan pupuk kandang pada tanaman cabe yang sudah saya budidayakan. Hasilnya jika kita benar-benar serius dan rajin merawat dan memberi pupuk kandang pada tanaman cabe, maka kita akan mendapatkan hasil panen cabe yang melimpah, tanaman cabe akan berbuah lebat dan gembel. Untuk jenis tanaman cabe ini tidak ditentukan, jadi mau anda tanam cabe rawit atau cabe merah sama saja. Itulah manfaat pemberian pupuk kandang pada tanaman cabe.

Mudah-mudahan informasi ini dapat menjadi bahan rujukan dan wawasan tambahan bagi anda semua sebelum menanam cabe. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive