Loading...

Panduan Lengkap Cara Mudah Budidaya Jambu Kristal Didalam Pot Hasil Berlimpah

Sponsored Links
.
Loading...
Budidaya jambu kristal didalam pot merupakan alternatif yang bisa dilakukan untuk mengembangbiakkan jambu kristal. Metode penanaman jambu biji jenis jambu kristal ini sebenarnya ada banyak, salah satu cara paling mudah dan membuahkan hasil yang maksimal adalah dengan menanamnya didalam pot. Kenapa memilih menanam jambu kristal dalam pot? Salah satu keunggulan budidaya jambu kristal dalam pot adalah untuk meningkatkan kualitas buah jambu. Karena menanam jambu didalam pot akan membuat tanaman mendapatkan pasokan nutrisi yang banyak. Jambu kristal ini sendiri adalah salah satu varietas dari sekian banyak jambu yang dapat dibudidayakan.

Untuk membudidayakan jambu kristal didalam pot ini anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan seperti pot atau bisa juga bak mandi yang berukuran besar, atau bekas drum minyak yang dipotong menjadi dua bagian. Kemudian anda juga harus memiliki bibit jambu kristal yang unggul. Kenapa harus unggul? Jelas supaya hasil buah juga akan unggul dan berkualitas. Adapun tips menanam jambu kristal didalam pot bisa anda simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Budidaya Jambu Kristal Didalam Pot
Budidaya Jambu Kristal Didalam Pot
Cara Budidaya Jambu Kristal Didalam Pot
Buah jambu kristal



Cara Budidaya Jambu Biji Kristal


Sebenarnya Budidaya Jambu Kristal hampir sama dengan menanam tanaman buah lainnya. Namun untuk membudidayakan Jambu Kristal kita tidak harus memiliki pekarangan atau lahan yang luas. Namun jika anda memiliki lahan yang luas, maka itu akan lebih baik. Bagi anda yang hobi dan suka menanam tanaman buah didalam pot, maka budidaya jambu kristal didalam pot ini sangat cocok untuk anda coba.

Syarat Tumbuh Jambu Kristal


Kondisi Iklim

  • Budidaya jambu kristal ini sangat membutuhkan kondisi iklim yang bagus. Angin sangat berperan penting dalam penyerbukan bunga, tapi angin yang baik untuk penyerbukan adalah angin dengan kekuatan sedang, jika angin terlalu kencang maka akan menyebabkan kerontokan pada bunga jambu kristal.
  • Tanaman jambu kristal termasuk tanaman untuk daerah tropis, namun dapat juga tumbuh pada daerah sub-tropis yang memiliki intensitas curah hujan antara 1000-2000 mm/tahun.
  • Suhu yang dibutuhkan tanaman jambu kristal agar dapat tumbuh, berkembang dan berbuah dengan optimal adalah sekitar 23-28°C pada siang harinya. Selain itu penyinaran matahari juga harus diperhatikan, karena jika tanaman jambu kristal ini kekurangan sinar matahari akan menyebabkan tanaman menjadi kurang sempurna dalam pertumbuhan (kerdil).
  • Kelembaban udara harus rendah pada sekeliling tanaman, karena jika udara mempunyai kelembaban yang cukup rendah, karena kondisi ini sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman jambu kristal ini.

1. Tahap Pemilihan bibit

Untuk tahap ini anda bisa menentukan sendiri, bibit mana yang akan anda gunakan. Bisa menggunakan bibit dari hasil cangkok dan stek, kemudian bisa juga anda gunakan bibit yang berasal dari biji langsung. Sebaiknya anda gunakan bibit hasil dari cangkok atau stek karena jelas kualitasnya, lebih-lebih anda tahu seluk beluk tanaman jambu kristal tersebut. Jika tidak mau repot mencangkok, sekarang sudah banyak orang yang menjual bibit hasil cangkok, jadi anda bisa membelinya langsung.

2. Siapkan Media

Media yang kita gunakan adalah pot, atau drum bekas minyak yang sudah dibelah dua. Kemudian anda isikan dengan tanah yang dicampur sekam padi dan kotoran kambing. Untuk perbandingannya adalah 1 bagian sekam padi dan 1 bagian kotoran kambing, kemudian 1 bagian tanah. Isi pot tersebut dengan ketiga bahan diatas. Untuk kotoran kambing sebaiknya jangan anda gunakan yang masih basah agar tidak panas dan menyebabkan tanaman mati.

3. Tahap Menanam Jambu Kristal

Setelah semua bahan siap, sekarang saatnya anda tanamkan bibit jambu kristal didalam pot. Untuk menanamnya saya rasa anda semua sudah tahu tehniknya. Karena menanam jambu kristal ini sama saja dengan menanam tanaman lainnya.

4. Perawatan

Setelah bibit ditanam, maka anda harus merawat tanaman jambu kristal dengan baik, beri pupuk tambahan, sirami setiap pagi dan sore hari, atur suhu tanaman agar terkena cahaya matahari secara maksimal, kendalikan hama penyakit. Jika perlu lakukan penyemprotan hama penyakit.

Setelah semua proses anda lakukan dengan baik, maka anda pasti akan berhasil dalam budidaya jambu kristal dalam pot. Itulah Cara Budidaya Jambu Kristal Didalam Pot, mudah-mudahan bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter