Tanaman Hasil Mencangkok Mempunyai 4 Kelebihan dan Kekurangan Mau tau?

Sponsored Links
Mencangkok adalah salah satu proses pembiakan vegetatif buatan yang tujuannya untuk memperbanyak tanaman, selain itu tanaman hasil cangkokan juga akan memiliki sifat yang sama dengan pohon induknya, serta cepat menghasilkan buah. Mencangkok ini sangat banyak sekali manfaatnya bagi tanaman. Selain itu manfaat mencangkok juga berguna bagi kita agar hasil dari budidaya semakin baik dan berkualitas. Perlu anda ketahui bahwa dengan mencangkok, sama saja anda melakukan pengembangan tanaman menjadi lebih unggul. Karena biasanya pohon yang akan dicangkok adalah tanaman yang tentunya sudah berbuah dan tanaman tersebut adalah tanaman terbaik. Biasanya sebelum kita mencangkok, maka pemilihan pohon adalah hal yang menentukan keberhasilan dalam mencangkok. Jika pohon yang dicangkok termasuk pohon yang unggul dan berkualitas, maka hasil cangkokan nanti juga akan menyerupai indukannya, tetapi jika pohon induk yang akan dicangkok termasuk pohon yang tidak berkualitas, maka dapat dipastikan hasil cangkokan juga tidak akan berkualitas.
Image result for cangkok mangga
Tidak semua jenis tanaman dapat dicangkok, tanaman yang bisa di cangkok hanyalah tanaman berjenis dikotil serta tanaman biji terbuka. Tanaman yang biasanya sering dicangkok adalah tanaman jenis buah-buahan. Ada banyak jenis tanaman buah yang dapat kita cangkok, seperti pohon jeruk, pohon jambu, pohon durian, rambutan, mangga, dan lain sebagainya. Lalu apa saja kelebihan dari tanaman hasil cangkok ini? Selain itu apakah ada kelemahan dari tanaman hasil dari mencangkok? Kalau kita bicara manfaat mencangkok sudah pasti sangat banyak, berikut ini  akan bagikan beberapa manfaat mencangkok tanaman.


Kelebihan Tanaman Hasil Cangkokan


1. Tanaman cepat berbuah

Tanaman hasil cangkokan memiliki keunggulan yaitu cepat berbuah bila dibanding dengan tanaman yang berasal dari biji. Karena tanaman hasil cangkokan kita dapatkan dari pohon induk yang pernah berbuah, jadi akan cepat untuk berbuah.

2. Tingkat keberhasilan sangat tinggi

Jika anda memilih menanam tanaman hasil cangkokan, maka dapat saya pastikan anda akan cepat berhasil dalam melakukan pembudidayaan tanaman tersebut. Berbeda jika anda memilih menanam dengan menanamkan bijinya langsung, akan kecil kemungkinan untuk berhasil.

3. Tanaman memiliki sifat yang sama dengan tanaman induknya

Manfaat mencangkok juga akan memiliki fungsi yaitu sifat tanaman akan menyerupai sifat indukannya. Jadi jika anda ingin memiliki tanaman yang sama dengan tanaman induknya, hasil buahnya juga sama, rasa buahnya juga sama, maka mencangkok adalah salah satu alternatifnya.

4. Tanaman tidak terlalu tinggi

Tanaman hasil cangkokan biasanya akan rendah dibanding tanaman yang bukan hasil cangkokan. Meskipun masih sangat rendah, tanaman hasil cangkokan ini juga bisa berbuah lebat. Jadi akan membuat tanaman semakin indah dan menarik.

Namun disamping ada manfaat atau keuntungan dari mencangkok tanaman ini, pasti ada juga kelemahan atau kekurangannya. Berikut ini merupakan beberapa kelemahan dari tanaman hasil cangkokan.

Kelemahan Tanaman Hasil Cangkok


1. Tanaman mudah roboh bila ada angin kencang

Kelemahan tanaman hasil cangkokan adalah tanaman akan mudah untuk roboh apabila terkena angin kencang kerana memiliki akan tunggang. Berbeda dengan tanaman berakar serabut.

2. Tanaman tidak tahan kering pada musim kemarau

Kelemahan tanaman hasil acngkokan selanjutny yaitu tanaman tersebut tidak tahan apabila musim kemarau datang. Makanya diperlukan penyiraman rutin agar tanaman tidak mati.

3. Tanaman induk tajuknya cepat rusak

Kerugian lainnya adalah tanaman induk akan menjadi rusak karena banyaknya cabang yang dipotong. Sehingga bisa saja tanaman induk cepat mati.

4. Terbatasnya jumlah cangkokan pada tanaman induk

Tanaman yang dicangkok tidak boleh melebihi batas yang ditentukan, hanya beberapa batang saja alam satu pohon induk, sehingga apabila anda ingin memperbanyak tanaman dalam jumlah besar tidak bisa dengan cara mencangkok.

Itulah beberapa Kelebihan dan Kekurangan Tanaman Hasil Cangkokan, mudah-mudahan informasi ini dapat menambah wawasan anda semua dibidang pertanian maupun perkebunan.

Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive