Loading...

Cara Unik dan Tips Memilih Bibit Cabe Unggul Terbaik dan Berkualitas

Sponsored Links
.
Loading...
Cara Memilih dan menentukan bibit atau benih cabai yang unggul adalah cara terbaik untuk membudidayakan cabai. Karena jika bibit cabe yang dipilih tidak unggul dan tidak memiliki kualitas yang baik, maka hasilnya nanti juga tidak akan maksimal. Bibit cabe yang unggul tentu saja menentukan keberhasilan anda dalam membudidayakan cabe. Ada beberapa faktor penentu keberhasilan dalam budidaya cabe, salah satunya dan paling penting adalah memilih benih cabe unggul dan berkualitas.
Image result for bibit cabe

Dalam memilih dan menentukan benih cabe unggul dan berkualitas ini, diperlukan sedikit ketelitian dan juga pengetahuan tentang karakteristik cabe. Karena bibit cabai yang unggul dapat dilihat dari karakteristik pokok indukannya dan pertumbuhannya. Jadi apabila anda ingin mendapatkan bibit cabe dari tanaman indukan, maka anda harus memilih dari tanaman induk yang berkualitas, tidak terserang hama dan penyakit, dapat memproduksi cabe dengan baik. Jadi hal tersebut harus benar-benar anda terapkan jika anda benar-benar ingin mendapakan hasil budidaya cabe yang berkualitas.

Selain itu ada syarat lain jika ingin mendapatkan bibit cabe berkualitas yaitu tanaman induknya memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat ketika dalam masa pembibitan. Untuk lebih jelasnya bagaimana Cara Tepat Memilih dan Menentukan Bibit Cabai Unggul silahkan anda baca berikut ini.


Cara Tepat Memilih dan Menentukan Bibit Cabai Unggul


1. Silahkan anda cari bibit cabe yang dihasilkan dari indukan berkualitas. Jadi sebelum anda melakukan pembibitan, maka anda harus menentukan dan memilih tanaman indukan yang unggul. Ciri-ciri tanaman indukan cabe berkualitas antara lain yaitu; 
  • tanaman terlihat kokoh dan kuat
  • menghasilkan cabe yang berkualitas, besar, keras, dan buahnya gembel atau lebat
  • tidak ada cacat fisik pada tanaman
  • tidak terkena hama dan penyakit
  • daunnya sangat hijau dan lebar-lebar
  • daun tidak keriting
  • dan lain-lain
2. Selanjutnya pilihlah bibit cabe dari tanaman yang sudah tua agar menghasilkan bibit cabe berkualitas dan daya tumbuh cepat.
3. Pilih bibit cabe yang memiliki daya cambah yang bagus.
4. Ketika dalam masa persemaian, bibit cabe yang bagus adalah yang pertumbuhannya cepat dan tidak kerdil.

Jika semua cara diatas anda terapkan dengan baik dan benar, maka dapat saya pastikan anda akan mendapatkan bibit atau benih cabe berkualitas dan unggul. Jika anda memilih bibit cabe dengan cara membeli dari toko dalam bentuk kemasan, maka yang harus anda perhatikan adalah tanggal kadaluarsa dan juga daya tumbuh benih harus baik. Demikianlah informasi tentang Cara Tepat Memilih dan Menentukan Bibit Cabai Unggul, mudah-mudahan informasi singkat ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter