3 Cara Unik dan Ampuh Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi

Sponsored Links
Budidaya pertanian tidak akan pernah lepas dari yang namanya hama dan penyakit. Apapun jenis tanamannya pasti akan mengalami kendala berupa hama dan penyakit tanaman. Seperti hal nya tanaman padi, juga akan mengalami masalah berupa serangan hama dan penyakit. Padi ( Oryza Sativa ) adalah tanaman penghasil beras yang perlu dikembangkan agar pasokan beras dinegeri kita tidak habis. Dengan adanya beras yang langsung ditanam oleh para petani kita, maka kita tidak perlu lagi menggunakan beras-beras impor yang justru banyak disalahgunakan oknum tertentu. Jadi apabila budidaya padi meningkat baik, maka untuk mencukupi kebutuhan pokok seperti beras ini tidak akansulit. Namun yang menjadi permasalahan dalam budidaya padi adalah serangan hama dan penyakit yang semakin meningkat. Salah satu hama yang sering menyerang tanaman padi adalah tikus.

Tips Ampuh Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi


Tikus adalah hama padi yang sangat merugikan para petani padi. Perkembangbiakan yang sangat cepat membuat repot para petani padi untuk menanam padi. Untuk mengendalikan hama tikus ini ada banyak trik dan caranya. Jika anda paham dengan morfologi tikus dan bagaimana perkembangbiakannya, maka tidak akan sulit untuk membasmi hama tikus tersebut. Menanggulangi hama tikus pada tanaman padi harus benar-benar dilakukan serius jika tidak ingin terjadi gagal panen. Karena akibat serangan hama tikus ini, banyak para petani yang mengalami kerugian, hasil panen menyusut karena tanaman padi habis dirusak dan dimakan tikus sawah tersebut. Untuk mengetahui cara membasmi hama tikus pada tanaman padi dengan mudah, anda bisa coba cara dibawah ini.

Tips Ampuh Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi


1. Pembersihan Lahan dan Lingkungan Sekitar Lahan

Untuk mengatasi hama tikus pada tanaman padi ini anda harus selalu membersihkan lahan persawahan atau lahan tempat menanam padi dengan cara membersihkan rumput-rumput atau semak belukar yang ada disekitar tanaman padi. Karena tikus sangat senang tinggal disemak-semak sekitar padi. Selain itu juga anda harus membersihkan tanggul-tanggul sawah agar tidak dihuni oleh tikus.

2. Lakukan Pemburuan

Cara mengatasi hama tikus pada tanaman padi yang selanjutnya adalah dengan memburu dan membunuh tikus-tikus yang menyerang tanaman padi. Bongkar semua lubang atau sarang tikus yang ada diarea sawah atau lahan padi. Aliri sarang lubang tikus dengan air agar tikus keluar dari sarang. Jika perlu berikan racun tikus pada sarang tikus dan area yang biasa dilalui tikus. Namun pemberian racun tikus ini cukup beresiko jika lahan persawahan anda berdekatan dengan ternak.

3. Lakukan Penanaman Serempak

Untuk mengatasi hama tikus ini anda juga bisa melakukan penanaman serempak. Maksudnya ialah menanam padi secara bersamaan agar tersedianya makanan bagi tikus, jika tidak dilakukan penanaman serempak, maka yang akan diserang hanya lahan tertentu yang ditanami padi.

Itulah beberapa Tips Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi, mudah-mudahan artikel singkat ini dapat menambah wawasan anda semua.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive