4 Cara Mencangkok Jeruk Sunkist Agar Berhasil

Sponsored Links
Budidaya Jeruk Sunkist Lokal merupakan hal yang mudah dan sangat menyenagkan bagi saya. Karena menanam jeruk adalah kegiatan yang dapat menghilangkan stres, apalagi jika pohon jeruk yang telah kita tanam sudah berhasil dan berbuah dengan banyak. Namun untuk melakukan budidaya buah jeruk sunkist ini tidak semua orang bisa lho, ada tips dan cara yang harus dilakukan supaya tanaman dapat tumbuh sehat dan terbebas dari penyakit. Perlu anda ketahui bahwa tanaman jeruk ini sangat rentan terhadap hama dan penyakit, jika tidak melakukan perawatan intensif, maka budidaya jeruk yang telah susah payah anda lakukan tidak akan membuahkan hasil.

Lalu bagaimana cara budidaya buah jeruk sunkist agar berhasil dan tidak terserang oleh hama maupun penyakit? Salah satu tips budidaya buah jeruk sunkist adalah dengan tekun belajar serta mendalami ilmu budidaya jeruk. Wah..repot dong kalau harus belajar dan kepada siapa pula kita mau belajar budidaya jeruk sunkist ini? Mana ada orang yang mau memberikan ilmunya secara gratis? Jangan kuatir karena disini dasar-pertanian selalu memberikan informasi tersebut kepada anda. Untuk menambah pengetahuan anda tentang budidaya buah jeruk sunkist agar berhasil bisa anda baca dibawah ini:

Menanam buah jeruk sunkist ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan cara mencangkoknya. Mencangkok ini dilakukan untuk mendapatkan bibit tanaman yang baik dengan meniru sifat induknya. Untuk itu sebelum mencangkok sebaiknya anda pilih pohon induk yang benar-benar produktif dan tidak berpenyakit supaya menghasilkan bibit berkualitas. Bagaimana cara mencangkok tananam buah jeruk sunkist agar cepat tumbuh? Berikut penjelasannya.

Panduan Dan Cara Mencangkok Jeruk Sunkist Agar Berhasil
Contoh Hasil Cangkokan Buah Jeruk Sunkist


Cara Mencangkok Jeruk Sunkist Agar Berhasil


  1. Pilih pohon indukan yang berkualitas, ciri-cirinya adalah pohon tampak subur dan daunnya berwarna hijau tua, batang sudah tampak keras, pokok sudah pernah berbuah minimal 2 kali.
  2. Setelah dapat pohon indukan yang berkualitas, sekarang anda pilih batang pohon jeruk yang pernah berbuah atau sedang berbuah. Pilih batang yang lurus dan kuat, kemudian sayat kulit ari batang tersebut kira-kira setengah jengkal tangan dari cabang utama. Usahakan sayatan harus benar-benar bersih dan tidak ada lagi lendir yang menempel.
  3. Setelah dirasa cukup bersih, kemudian anda tempel dan tutup dengan tanah bercampur pupuk kandang, kemudian bungkus dengan plastik atau sabut kelapa juga bisa. Ikat dibagian pangkal dan ujung cangkokan.
  4. Setelah itu anda tinggal merawat cangkokan dengan rajin menyirami agar tidak mati. Kunci dari keberhasilan dari mencangkok ini adalah terletak pada sayatan yang anda buat. Kemudian perawatan yang anda lakukan juga berpengaruh pada keberhasilan hasil cangkokan.
Itulah Panduan Dan Cara Mencangkok Jeruk Sunkist Agar Berhasil, mudah-mudahan informasi singkat ini bermanfaat bagi anda semua. 

Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive