Apa Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Tanah ?

Sponsored Links
Faktor kesuburan tanah sangat menentukan keberhasilan kita dalam budidaya pertanian maupun perkebunan. Karena jika lahan pertanian yang kita tanami memiliki tingkat kesuburan tinggi, maka dapat dipastikan keberhasilan budidaya akan ada didepan mata. Tapi jika tingkat kesuburan tanah atau lahan pertanian yang anda gunakan untuk menanam tanaman tersebut kurang, maka juga dapat dipastikan keberhasilan budidaya yang anda lakukan jauh dari yang diharapkan. Ada beberapa faktor yang menentukan kesuburan tanah atau lahan pertanian yang perlu kita ketahui. Maka dari itu disini akan membagikan informasi tentang beberapa faktor yang mempengaruhi kesuburan tanah.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan tanah, namun disini akan dibahas hanya 3 faktor yang menentuan kesuburan dan keseimbangan tanah. Apa saja faktor tersebut berikut ini penjelasannya.

Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Tanah


Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Tanah


1. Oksigen

Oksigen sangat menentukan kesuburan tanah karena berfungsi dalam membantu proses pembakaran fisiologis atau respirasi. Jika tanah mengalami kondisi yang sulit jika digunakan untuk budidaya, dalam artian selalu gagal, maka bisa jadi tanah kekurangan oksigen.

2. Air

Air sama pentingnya dengan oksigen, yaitu membantu menyuburkan tanah. Jika tanah kering, maka otomatis kesuburannya akan berkurang. Air berfungsi sebagai fotosintesis yang peranannya cukup penting. Jadi sudah sangat jelas bahwa air juga mempengaruhi kesuburan tanah.

3. Unsur hara

Tidak hanya oksigen dan air saja yang mempengaruhi kesuburan tanah, unsur hara juga penting bagi kesuburan tanah. Bahkan unsur hara ini merupakan faktor penentu kesehatan dan kesuburan tanah. Jika anda ingin melakukan budiaya tanaman, maka syaratnya kondisi tanah harus memiliki unsur hara yang tinggi agar pertumbuhan tanaman dapat beransung dengan baik. Jika tidak, maka bisa saja tanaman tidak subur dan mati. Untuk memenuhi kebutuhan hara pada tanah, maka diperlukan pemberian nutrisi maupun pupuk yang banyak mengandung unsur hara tinggi.

Jadi unsur-unsur diatas sangat penting bagi kesuburan tanah, jika tidak maka tanah bisa saja menjadi tandus dan gersang. Ada banyak faktor yang menyebabkan tanah menjadi tandus dan gersang. Jika kita tahu bagaimana cara mengatasi hal tersebut maka tidak akan menjadi masalah.
Itulah beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Tanah, mudah-mudahan informasi singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive