Apa Keuntungan Penggunaan Pupuk Organik Pada Pertanian dan Perkebunan

Sponsored Links
Pupuk organik merupakan pupuk yang berasal dari bahan-bahan alami, baik itu berasal dari kotoran ternak, sisa-sisa makanan, sampah dan lain sebagainya, yang mana pembuatannya bisa dilakukan dengan cara manual maupun alamiah. Keuntungan menggunakan pupuk organik dalam pertanian maupun perkebunan ini sangat besar dan berdampak baik pada ekosistem pertanian dan perkebunan. Ada beberapa keuntungan menggunakan pupuk organik ini yang dapat kita peroleh, dan pada kesempatan kali ini akan bagikan beberapa manfaat menggunakan pupuk organik pada pertanian dan perkebunan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pupuk merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan. Dengan adanya pupuk ini dapat membuat hasil pertanian dan juga perkebunan akan jauh meningkat, hasil panen juga akan meningkat. Ada dua jenis pupuk yang sering digunakan oleh petani, yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik, atau dalam bahasa yang sering kita dengar yaitu pupuk alami atau pupuk kompos dan pupuk kimia. Mungkin kita sudah tidak asing dengan kedua jenis pupuk tersebut, dan bahkan kita sering juga menggunakannya dalam pertanian maupun perkebunan. Diantara kedua jenis pupuk tersebut, yang paling banyak dan sering digunakan oleh petani adalah pupuk kimia. Mengapa mereka sering dan tetap menggunakan pupuk kimia sebagai pupuk andalan pertanian maupun perkebunan mereka?

Setelah kita ketahui alasan kenapa para petani lebih memilih menggunakan pupuk kimia, maka bagaimana pendapat anda semua? Apakah anda sendiri juga termasuk orang yang suka menggunakan pupuk kimia dalam pertanian dan perkebunan? Apakah anda tahu apa dampak buruk dari penggunaan pupuk kimia ini? Mungkin banyak diantara kita yang tidak tahu apa saja akibat yang ditimbulkan setelah kita menggunakan pupuk kimia secara berlebihan. Untuk menjawab hal tersebut silahkan anda baca juga penjelasannya pada link dibawah ini.

Keuntungan Penggunaan Pupuk Organik Pada Pertanian dan Perkebunan
Jadi dengan ada artikel tersebut diharapkan kita semua menyadari betapa pentingnya penggunaan pupuk hayati atau pupuk organik sebagai salah satu pupuk andalan dibidang pertanian dan perkebunan. Makanya disitu kami cantumkan juga apa saja solusi yang dapat kita lakukan akibat kita sering menggunakan pupuk kimia, supaya pertanian dan perkebunan yang kita olah terus dapat kita nikmati hasilnya.

Kembali pada topik kali ini yaitu keunggulan penggunaan pupuk organik pada pertanian dan perkebunan. Jadi bagi anda yang selama ini jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan pupuk organik dalam pertanian maupun perkebunan, mungkin artikel ini dapat memberikan pencerahan kepada anda tentang Keuntungan Penggunaan Pupuk Organik Pada Pertanian dan Perkebunan. Silahkan baca penjelasannya berikut ini.



Keuntungan Penggunaan Pupuk Organik Pada Pertanian dan Perkebunan


1. Dapat meningkatkan hasil produksi

Manfaat menggunakan pupuk organik dalam pertanian dan perkebunan yang pertama yaitu dapat meningkatkan hasil produksi pertanian dan perkebunan anda. Kita ketahui bahwa pupuk organik ini bersifat hayati, jadi mutu dan hasil produksi akan jauh meningkat.

2. Dapat menghemat biaya produksi

Keuntungan penggunaan pupuk organik selanjutnya adalah dapat menghemat biaya produksi. Bagaimana hal itu dapat terjadi? Jelas sekali bahwa penggunaan pupuk organik ini sangat menguntngkan sekali dalam hal pembiayaan. Sebagai contoh sederhananya adalah jika kita menggunakan pupuk organik dari hasil kotoran ternak. Akan terlihat jelas kita tidak harus mengeluarkan biaya untuk membeli pupuk. Berbeda jika kita menggunakan pupuk kimia yang tentu harus kita beli, meskipun ada subsidi dari pemerintah, namun tetap saja kita akan keluarkan dana untuk hal itu.

3. Ramah lingkungan

Penggunaan pupuk organik atau pupuk hayati ini jelas ramah terhadap lingkungan karena tidak menggunakan bahan-bahan sintetis yang dapat merusak residu pada tanah. Selain itu juga aman bagi kesehatan kita. Dengan menggunakan pupuk organik secara terus menerus akan membuat tanah semakin bagus dan subur sehingga lingkungan juga akan menjadi sejuk dan segar.

4. Dapat menyuburkan tanah untuk jangka waktu yang panjang

Dengan menggunakan pupuk organik ini, maka tingkat kesuburan tanah akan tetap terjaga terus. Bahkan organisme dan zat-zat penting dalam tanah akan semakin baik dan bekerja lebih baik, sehingga tanah menjadi subur, memiliki unsur hara yang tinggi dan dapat digunakan secara jangka panjang dalam pertanian dan perkebunan.

Sebenarnya masih banyak lagi Keuntungan Penggunaan Pupuk Organik Pada Pertanian dan Perkebunan ini, namun dari beberapa poin diatas bisa mewakili dari semua aspek. Mudah-mudahan informasi singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive