Apa Penyebab Lahan Pertanian Menjadi Tandus?

Sponsored Links
Penyebab lahan pertanian menjadi tandus ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Jika lahan pertanian tandus tidak segera diatasi, maka akibatnya akan menimbulkan berbagai masalah dalam pertanian, seperti hasil pertanian menjadi tidak maksimal. Tanah yang tandus merupakan salah satu masalah yang sering menimpa para petani. Bagaimana tidak? Usaha pembudidayaan pertanian dan perkebunan menjadi kurang maksimal dan bahkan bisa jadi tidak maksimal karena kondisi dan tekstur tanah yang tidak bagus. Maka dari itu diperlukan penanganan khusus atau tips bagaimana cara membuat tanah tandus menjadi subur kembali. Sehingga lahan pertanian masih bisa terus digunakan untuk mengolah dan mengembangkan hasil pertanian. 
Image result for lahan tandus
Lalu apa sebenarnya tanah tandus tersebut dan apa pula penyebab tanah menjadi tandus? Secara umum dapat dikatakan bahwa tanah tandus adalah tanah yang tidak dapat mendukung berjalannya proses produksi pertanian dan perkebunan. Hal ini karena tanah tersebut tidak memiliki cukupan unsur hara atau tidak mengandung unsur hara sama sekali sehingga tidak dapat digunakan untuk bercocok tanam. Adapun penyebab Lahan Pertanian Menjadi Tandus ini dapat terjadi karena hal-hal berikut ini.



Penyebab Lahan Pertanian Menjadi Tandus


1. Penggunaan pupuk anorganik secara berlebihan

Pupuk anorganik atau biasa kita kenal dengan sebutan pupuk kimia, merupakan pupuk yang dibuat dengan bahan kimia. Memang dalam hal produksi hasil pertanian dapat meningkatkan hasil pertanian menjadi lebih baik, namun dibalik meningkatnya hasil panen pertanian, efek buruk akan terjadi pada tanah atau lahan pertanian. Semakin lama kondisi tanah akan semakin keras dan unsur hara akan berkurang. Dengan demikian lama kelamaan tekstur tanah akan berubah menjadi keras dan tandus. Makanya disarankan untuk tidak berlebihan dalam menggunakan pupuk kimia, sebaiknya dibarengi juga dengan penggunaan pupuk hayati atau organik.

2. Banyak sampah yang susah untuk dihancurkan oleh organisme tanah

Penyebab tanah menjadi tandus selanjutnya adalah karena pada tanah tersebut banyak tumpukan sampah yang sulit dihancurkan oleh mikro organisme tanah, sehingga tanah akan menjadi keras dan tandus. Sampah seperti plastik,logam, besi dan sejenisnya akan mengurangi unsur hara pada tanah. Maka dari itu sebaiknya jangan membuang sampah sembarangan, terutama pada lahan pertanian.

3. Lahan jarang digarap

Jika anda memiliki lahan pertanian yang sudah lama tidak digarap atau diolah menjadi lahan pertanian, maka saya yakin tekstur tanah tersebut akan menjadi keras dan tandus. Berbeda jika lahan tersebut sering digunakan untuk menanam tanaman, setidaknya tanah tersebut akan dibolak-balikkan sehingga tidak akan menjadi keras dan justrus gembur.

Itulah beberapa Penyebab Lahan Pertanian Menjadi Tandus, mudah-mudahan informasi singkat ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive