Apa Penyebab Utama Kenapa Bunga dan Bakal Buah Durian Sering Rontok?

Sponsored Links
Buah-buahan yang sedang menjalani masa berbunga dan mulai berbuah pasti akan mengalami masalah seperti rontok. Seperti halnya buah durian ini, akan mudah mengalami kerontokan pada saat berbunga. Bahkan rontoknya bunga durian ini umumnya sering terjadi disaat pohon durian sedang banyak-banyaknya berbunga. Faktor penyebab rontoknya bunga durian ini sangat banyak, seperti kurangnya nutrisi dan air pada saat pohon durian mulai berbunga. Perlu anda ketahui bahwa tanaman, jika sudah mulai berbunga akan lebih membutuhkan banyak nutrisi untuk menunjang kualitas dan kekokohan buah. Jika pada saat tanaman sudah mulai berbunga, namun nutrisi dan pasokan air tidak mencukupi, maka bisa jadi bakal calon buah akan gugur atau tidak menjadi, bunga akan mengalami kerontokan secara berkala. Jika hal ini tidak kita pahami, tentu akan merugikan kita sendiri. Sama halnya dengan pohon durian ini, ia juga akan mengalami kerontokan bunga apabila kekurangan air.
Image result for bunga durian
Untuk mengatasi bunga durian yang sering rontok ini bisa kita lakukan beberapa upaya dan pencegahan, salah satunya adalah dengan memahami apa penyebab dari kerontokan bunga durian tersebut. Karena setiap pokok durian yang mengalami kerontokan bunga dan bakal calon buah, pasti mengalami hal yang berbeda-beda. Jadi tidak semua pokok durian yang mengalami kerontokan bunga dan calon buah sama penyebabnya. Untuk menjawab pertanyaan apa saja Penyebab Utama Bunga dan Bakal Buah Durian Rontok, silahkan baca penjelasannya dibawah ini.


Penyebab Utama Kenapa Bunga dan Bakal Buah Durian Sering Rontok


1. Kekurangan Air

Penyebab bunga durian sering rontok yang paling sering terjadi adalah karena kekurangan air pada tanaman tersebut. Biasanya musim kemarau menjadi faktor penyebab kenapa bunga durian sering rontok dan tidak menjadi buah. Perlu anda ketahui bahwa disaat pohon durian mengalami musim berbunga, maka cabang-cabang pohon durian tersebut mulai menimbun karbohidrat yang dihasilkan dari fotosintesa dengan bantuan hormon tertentu. Hasil dari fotosintesa tersebut adalah dengan keluarnya tandan bunga di sekujur cabang tersebut. nah dengan keadaan seperti itu maka asupan nutrisi dan air sangat diperlukan sekali. Jika pasokan air tanah masih mencukupi, maka hal itu tidak akan menjadi masalah, namun apabila kondisi tanah sudah kering akibat kemarau, maka kekurangan air tersebutlah yang akan mengakibatkan masalah pada bunga dan bakal buah durian. Jadi untuk mengatasi agar bunga durian tidak rontok bisa diupayakan dengan melakukan penyiraman terhadap pohon durian tersebut yang mulai berbunga.

2. Karena Kekurangan Zat Mineral Kalium

Penyebab bunga durian mudah rontok selanjutnya adalah karena kurangnya kebutuhan kalium pada tanaman durian tersebut. Pada saat durian mulai berbunga, maka kebutuhan nutrisi kalium sangat besar, jadi diperlukan pemupukan rutin pada saat 2 bulan sebelum berbuah. Nah disaat pohon durian mulai berbunga, anda bisa lakukan pemupukan agar bunga dan bakal calon buah durian bisa kuat dan tidak mengalami kerontokan.

3. Karena Tidak Adanya Penyerbukan

Tahukah anda bahwa bunga durian ini termasuk dalam kategori tanaman yang berbuah karena penyerbukan silang? Jika belum tahu, maka disini anda sudah dapat informasi baru kenapa bunga durian sering kali gugur dan tidak jadi. Penyebab bunga durian sering rontok adalah karena gagalnya penyerbukan atau tidak terjadi penyerbukan silang. Putik bunga durian disatu pohon durian harus diserbuki oleh tepung sari pohon durian lain. Penyerbukan ini biasanya akan dilakukan oleh serangga seperti lebah atau kumbang dan juga serangga lainnya. Memang pohon durian tersebut dapat diserbuki sendiri dalam satu pohon namun hanya 5 % saja yang dapat menyerbuki sendiri. Selain itu penyerbukan ini juga hanya dapat terjadi disaat bunga sudah mekar penuh, biasanya bunga akan mekar pada pukul 5 sore sampai pukul 3 dini hari. Jika putik bunga tidak segera diserbuki, maka akan rontok dengan sendirinya.

Mungkin ketiga hal diatas merupakan faktor penyebab bunga durian dan calon buah durian sering mengalami kerontokan. Memang budidaya buah durian ini membutuhkan kerja keras dan ilmu tentang bagaimana budidaya buah durian yang baik dan benar. Karena jika kita tidak menguasai dan mengerti seluk beluk tanaman durian dan segala permasalahan yang sering timbul pada tanaman buah durian, maka usaha kita untuk membudidayakan buah durian akan gagal terus. Setidaknya anda mengerti apa saja penyebab bunga durian sering rontok dan bagaimana pula cara mengatasi bunga durian yang suka rontok. Mudah-mudaha artikel ini dapat membantu mengatasi permasalahan anda dalam budidaya buah durian. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive