Apakah Manfaat Hidroponik Bagi Lingkungan?

Sponsored Links
Dasar Pertanian - Di dunia yang serba canggih sekarang ini selalu bermunculan inovasi dan ide menarik dalam hal teknologi. Tidak sampai satu tahu sudah berapa ribu unit teknologi baru yang bermunculan dipasaran yang kita juga ikut menikmati kemajuan teknologi tersebut. Begitu juga dengan dunia pertanian yang juga ikut maju dan berkembang menjadi lebih baik. Salah satu kemajuan dibidang pertanian adalah menanam dengan metode Hidroponik. Hidroponik adalah salah satu metode tanam tanpa tanah yang hanya mengandalkan air sebagai media tanamnya. Didukung juga dengan alat dan bahan-bahan lainnya yang umumnya bersifat bekas. Jadi budidaya dengan metode hidroponik ini memang sangat ramah lingkungan dan justru bisa menciptakan keramahan lingkungan karena dapat memanfaatkan limbah pasar menjadi suatu inovasi baru dibidang pertanian.

Tidak hanya itu saja keunggulan hidroponik ini, masih banyak lagi jika di ulas tentang bermacam-macam manfaat budidaya tanam menggunakan metode hidroponik. Image result for hidroponik

Jadi sebenarnya menanam tanaman dengan cara hidroponik ini justru memudahkan kita dalam budidaya tanaman. Misalnya anda yang hanya memiliki pekarangan sempit namun ingin menanam sayuran atau tanaman lainnya, maka hidroponik adalah salah satu alternatifnya. Karena salah satu keunggulan budidaya taaman hidroponik adalah tidak membutuhkan banyak ruang atau tempat. Selain itu apa saja manfaat hidroponik ini? Terutama manfaanya untuk lingkungan? Ya..lingkungan memang perlu kita jaga dengan baik, nah dengan anda menanam hidroponik ini anda sebenarnya sudah menjaga lingkungan dari polusi udara. Belum yakin dengan perkataan ini? Baiklah berikut ini akan admin berikan sedikit wawasan tentang manfaat hidroponik bagi lingkungan.



Manfaat Hidroponik Bagi Lingkungan


1. Tanaman hidroponik dapat membuat udara sejuk

Adapun manfaat hidroponik untuk lingkungan yaitu dapat menyejukkan udara disekitar kita. Hal ini jelas terjadi karena tanaman hidroponik ini tidak mengandung unsur kimia dalam pemupukannya. Sehingga udara disekitar akan menjadi sejuk dan segar. Adapun pupuk yang digunakan pada tanaman hidroponik ini adalah jenis nutrisi. Nutrisi hidroponik ini merupakan sejenis cairan yang berfungsi sebagai pupuk tanaman hidroponik. Ada banyak jenis nutrisi hidroponik yang sudah dijual ditoko pertanian. Namun kita sebenarnya juga bisa membuatnya sendiri.

2. Tanaman hidroponik dapat mencegah polusi udara

Manfaat hidroponik untuk lingkungan selanjutnya adalah bisa meminimalisir polusi udara. Perlu di ketahui bahwa lingkungan disekitar kita ini semakin hari makin berpolusi, baik itu berasal dari asap kendaraan, asap rokok, asap pabrik, pembarakan hutan, dan lain sebagainya. Sehingga apabila tidak dilakukan penawarnya, maka otomatis udara tersebut dapat membuat tubuh kita mudah sakit akibat radikal bebas dari olusi udara. Nah salah satu alternatif untuk mencegah polusi udara adalah dengan menanam tanaman dengan cara hidroponik. Sehingga udara sekitar manjadi sejuk dan rebebas dari polusi udara. 

3. Tanaman hidroponik dapat menambah oksigen

Manfaat hidroponik yang terakhir adalah dapat menambah pasokan oksigen atau O2 bagi lingkungan, sehingga dengan banyaknya oksigen tersebut kita juga yang akan menikmatinya.

Itulah beberapa Manfaat Hidroponik Bagi Lingkungan, mudah-mudahan informasi singkat ini dapat memberikan wawasan tambahan bagi anda dan bisa dijadikan referensi tambahan. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive