Beberapa Proses Kegiatan Pemanenan Padi Sawah

Sponsored Links
Dasar Pertanian - Budidaya padi sawah merupakan salah satu kegiatan pertanian untuk menciptakan dan memenuhi kebutuhan pangan. Karena dengan menanam padi, maka pasokan beras tidak akan pernah habis. Selain itu budidaya padi sawah ini memiliki banyak manfaatnya, terutama bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan adanya padi yang telah ditanam oleh para petani, maka tentu saja akan menghasilkan beras, dan beras nantinya akan dimasak menjadi nasi yang sehari-hari kita konsumsi sebagai makanan pokok. Memang menanam padi ini sangat besar manfaatnya, tidak hanya untuk petani saja, tetapi semua orang akan mendapatkan manfaatnya. Untuk membudidayakn padi ini diperlukan kemampuan dan kemauan yang tinggi agar hasil panen padi bisa meningkat. 

Proses kegiatan pemanenan padi yang akan admin posting kali ini merupakan kegiatan panen padi yang dilakukan oleh masyarakat Rambah Samo yang tepatnya berada dilingkungan Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Rata-rata masyarakat Rambah Baru banyak yang membudidayakan padi sebagai hasil pertanian utama yang fungsinya untuk memenuhi kebutuhan pangan poko mereka sehari-hari. Disamping itu mereka juga banyak yang melakukan rutinitas perkebunan seperti sawit, karet dan lain-lain. Namun padi merupakan salah satu kegiatan pokok yang sudah pasti mereka lakukan penanamannya 2-3 kali dalam setahun. Tergantung pada musim dan sumber air yang ada dan tersedia.

Biasanya para petani padi, setelah proses penanaman padi selesai hingga tiba masa panen, mereka akan bersama-sama memanen padi. Ada yang bergotong royong, mengupahkan para buruh, dan sebaginya. Berikut ini merupakan beberapa foto kegiatan panen padi yang berhasil kami dokumentasikan.

Proses Kegiatan Pemanenan Padi Sawah 






Perontokan padi menggunakan mesin
Perontokan padi menggunakan mesin

Perontokan padi secara manual dan tradisional
Perontokan padi secara manual dan tradisional

Proses pengeringan/penjemuran padi
Proses pengeringan/penjemuran padi


Demikian sedikit gambaran bagaimana proses kegiatan pemanenan padi sawah beserta dokumentasi yang bisa admin bagikan. Mudah-mudahan bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi anda semua.


Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive