Begini 4 Cara Ampuh Menyuburkan Tanah Tandus dan Gersang Untuk Pertanian

Sponsored Links
Cara menyuburkan tanah yang tandus dan gersang untuk pertanian memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Tanah yang tandus dan gersang tidak dapat digunakan untuk budidaya pertanian maupun perkebunan. Jika tetap digunakan untuk menanam tanaman, maka dapat dipastikan hasil panen dari pertanian maupun perkebunan yang dilakukan dilahan tandus dan gersang tersebut tidak akan maksimal. Sehingga yang didapat hanyalah kekecewaan dan ketidakpuasan. Karena pada dasarnya budidaya pertanian maupun perkebunan membutuhkan lahan yang subur dan juga gembur. Sehingga dengan menanam tanaman dilahan subur dan gembur akan membuahkan hasil yang benar-benar memuaskan.Image result for gemburkan tanah

Faktor penyebab yang paling mendasar kenapa tekstur tanah menjadi tandus dan gersang adalah karena kesalahan kita dalam mengolahnya. Selain itu bisa disebabkan karena tanah sudah lama tidak digunakan untuk budidaya, sehingga tekstur tanah berubah menjadi keras dan tandus. Maka untuk mencegah agar tanah tidak mudah keras dan tandus, sebaiknya kita sering menggunakannya untuk menanam tanaman. Lantas bagaimana jika tekstur tanah sudah terlanjur keras, tandus dan gersang? Maka hal itu dapat diupayakan dengan melakukan beberapa Tips Menyuburkan Tanah Tandus dan Gersang Untuk Pertanian. Adapun jika anda memiliki lahan pertanian yang tandus dan gersang, sekian lama anda tanami pertanian dan tidak berhasil, maka bisa anda lakukan beberapa tips berikut ini.

4 Tips Ampuh Menyuburkan Tanah Tandus dan Gersang Untuk Pertanian


1. Gemburkan tanah/ bolak balikkan tanah

 

Cara ampuh menyuburkan tanah yang tandus dan gersang yang pertama adalah anda harus melakukan penggemburan tanah dengan cara membolak balikkan tanah dengan menggunaka n cangkul maupun traktor. Lakukan terus penggemburan sampai tekstur tanah benar-benar gembur dan mudah dicangkul. Perlu anda ketahui bahwa manfaat menggemburkan tanah ini dapat membuat tekstur tanah menjadi lebih lunak dan memudahkan akar tanaman berkembang dengan baik.

2. Memberikan pupuk kompos/kotoran ternak

Cara selanjutnya adalah dengan memberikan pupuk kompos atau kotoran ternak pada tanah yang tandus tersebut. Setelah anda menggemburkannya maka anda harus tambahkan pupuk kandang atau kompos. Karena manfaat pupuk kandang atau pupuk kompos ini dapat membuat tanah menjadi sebur dan menambah unsur hara pada tanah. Tanh yang tandus dan gersang sudah jelas kekurangan unsur hara, nah pemberikan pupuk kompos ini dapat mensuplai kembali unsur hara tanah sehingga tanah akan kembali subur.

3. Manambahkan kapur

Setelah anda berikan pupuk kompos, anda juga dapat menambhkan dengan kapur. Adapun fungsi kapur ini adalah sebagai penetral keasaman tanah. Untuk jenis kapur yang baik untuk tanah ini sangat banyak dan beragam, biasanya kami menambahkan dolomit agar tanah menjadi semakin subur. Namun diperlukan pemahaman tentang dosis pemberian dolomit pada tanah.

4. Lakukan penanaman bergilir/berganti tanaman usia pendek

Selain dengan cara diatas, untuk membuat tekstur tanah menjadi gembur maka anda bisa melakukan penanaman bergilir atau berganti-ganti tanaman yang memiliki usia pendek. Misalnya pada tiga bulan pertama anda menanam kacang tanah, kemudian setelah panen anda ganti tanaman jagung, selanjutnya anda bisa tanamkan ubi jalar atau ketela pohon, kemudian anda ganti tanaman palawija lainnya, dan begitu seterusnya. Dengan tehnik tanam bergilir ini akan membuat tekstur tanah menjadi semakin gembur dan subur.

Itulah 4 Tips Ampuh Menyuburkan Tanah Tandus dan Gersang Untuk Pertanian, mudah-mudahan informasi singkat ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda semua.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive