Begini Cara Unik Meningkatkan Produksi Buah Sawit Agar Hasil Panen Meningkat

Sponsored Links
Budidaya kelapa sawit merupakan salah satu komoditas perkebunan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kenapa saya katakan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat? Jelas sekali bahwa dengan membudidayakan kelapa sawit, maka otomatis petani akan mendapatkan penghasilan. Apalagi harga TBS (Tandan Buah Segar) kelapa sawit ini kian hari mulai meningkat, kalau didaerah saya sekitar Rp. 1.300/kg. Bayangkan saja jika memiliki banyak kebun sawit, tentu kesejahteraan masyarakat akan meningkat. Namun sayangnya banyak para petani sawit yang mengalami kendala, yaitu hasil panen kelapa sawit kurang meningkat. Lalu kira-kira bagaimana cara meningkatkan hasil panen buah sawit agar dapat memberikan keuntungan bagi para petani sawit? Berikut ini dasar-pertanian akan bagikan sedikit informasi tentang Cara Ampuh Meningkatkan Produksi Buah Sawit Agar Hasil Panen Meningkat.
Image result for kelapa sawit

Cara Ampuh Meningkatkan Produksi Buah Sawit Agar Hasil Panen Meningkat


Pemupukan

Kelapa sawit akan tumbuh dan berkembang dengan baik jika diberi pupuk dengan dosis yang tepat. Jadi faktor yang menentukan keberhasilan budidaya kelapa sawit salah satunya adalah pupuk. Jika tanaman sawit tidak pernah dipupuk, atau jarang-jrang memberikan pupuk, maka jelas produksi buah sawit akan menurun. Tapi jika anda rutin memberikan pupuk, minimalnya 3 kali dalam setahun, maka saya jamin buah sawit anda akan meningkat dan hasil panen tentu akan jauh lebih baik. Untuk jenis pupuknya juga bermacam-macam, selain pupuk anorganik/ kimia, perlu juga diberikan pupuk organik agar tanaman menjadi subur. Anda juga bisa menambahkan dolomit agar hasil panen semakin meningkat.
Adapun manfaat pupuk bagi tanaman sawit antara lain:
  • Meningkatkan unsur hara pada tanah, sehingga dengan tercukupi unsur hara pada tanah, maka tingkat kesuburan tanaman kelapa sawit akan meningkat.
  • Memproduksi buah lebih banyak dan lebih baik.
  • Sebagai nutrisi bagi tanaman untuk berkembang dan menghasilkan buah

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat pupuk untuk tanaman kelapa sawit ini. Makanya kunci sukses budidaya kelapa sawit adalah memberikan pupuk sesuai dengan anjuran yang tepat, sehingga dengan memberikan pupuk yang tepat akan meningkatkan hasil produksi buah sawit yang anda tanam.

Pemilihan jenis varietas kelapa sawit

Untuk meningkatkan hasil panen kelapa sawit tidak cukup dengan pupuk saja, tetapi jenis atau varietas kelapa sawit juga menentukan keberhasilan budidaya kelapa sawit yang anda budidayakan. Jadi sebaiknya anda pilih jenis kelapa sawit unggul dan berkualitas. Bagaimana cara memilih jenis bibit kelapa sawit yang baik dan benar? 

Jadi setelah semua cara anda lakukan dengan benar, maka harapan untuk sukses budidaya kelapa sawit akan ada didepan mata anda. Jika selama ini anda belum berhasil dalam budidaya kelapa sawit, mungkin anda belum menerapkan cara-cara yang saya sebutkan diatas. Atau bahkan selama ini pohon sawit yang anda tanam tidak mau berbuah. Ada banyak penyebab kenapa kelapa sawit tidak mau berbuah. 

Jadi pada intinya untuk meningkatkan hasil produksi buah kelapa sawit yang baik dan benar, pupuk dan bibit yang paling dominan menentukan keberhasilan. Mudah-mudahan informasi singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive