Begini Jenis-Jenis Buah Matoa Papua

Sponsored Links
 Buah Matoa (Pometia pinnata) merupakan salah satu tanaman buah yang berasal dari daerah Papua dan menjadi buah khas dari papua. Tanaman ini termasuk tanaman yang berjenis pohon besar dan tinggi. Tahukah anda bahwa tinggi tanaman buah matoa ini bisa mencapai rata-rata 18 meter lho. Bayangkan seperti apa tingginya ya..Namun seiring berkembangnya teknologi dunia pertanian, sekarang tanaman buah matoa ini sudah tidak lagi tinggi, pohonnya pendek saja sekarang sudah mulai berbuah, karena ini hasil dari cangkokan jadi lebih unggul dan berkualitas. Namun pada umumnya buah matoa ini akan berbuah hanya sekali dalam setahun sobat. Jadi bagi anda pecinta buah matoa harus sabar menunggu tiap tahun dimusim buahnya. Buah matoa biasanya akan mulai berbunga pada bulan-bulan Juli sampai dengan Oktober. Setelah 3 sampai 4 bulan semenjak berbunga, akan mulai berbuah.
Image result for matoa papeda

Untuk jenis-jenis buah matoa ini sendiri, didaerah papua sebenarnya hanya dikenal 2 jenis matoa saja, yakni Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Adapun ciri-ciri yang membedakannya adalah terdapat pada bagian tekstur buahnya. Matoa Kelapa memiliki ciri-ciri yaitu daging buah kenyal seperti daging buah rambutan, memiliki diameter buah sekitar 2,2 cm sampai 2,9 cm dan diameter biji nya sekitar 1,25 cm sampai 1,40 cm. Sedangkan Matoa Papeda memiliki ciri-ciri yaitu daging buahnya agak lembek dan lengket, memiliki diamater buah sekitar 1,4 cm sampai 2,0 cm. Kemudian jika dilihat dari jenis warna buahnya, baik itu Matoa Kelapa maupun Matoa Papeda akan dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu matoa merah, kuning, dan hijau.

Mungkin itulah sedikit informasi tentang jenis-jenis buah matoa papua, mudah-mudahan informasi singkat ini dapat menambah wawasan anda dibidang pertanian dan perkebunan.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive