Begini Tahap Awal Dalam Menanam Pohon Durian Agar Berbuah Banyak

Sponsored Links
Budidaya durian yang baik dan benar untuk mendapatkan hasil panen yang unggul adalah berawal dari bagaimana kiat pertama kali didalam menanam pohon durian. Jika pertama kali proses penanaman durian menggunakan cara yang tepat maka hasil budidaya durian tentu akan berhasil. Tetapi jika dari pertama tahap menanamnya sudah salah, jelas hasil budidaya durian juga akan gagal. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang gagal membudidayakan durian. Masalah umum yang sering terjadi pada tanaman durian adalah terjadi kerontokan pada bunga dan bakal buah durian sebelum menjadi buah. Jadi jika hal itu sering terjadi, akibatnya anda tidak akan pernah menikmati manisnya buah durian yang anda tanam. Maka dari itu diperlukan penyelesaian masalah agar budidaya durian bisa berhasil. Lalu apa saja sebenarnya yang menyebabkan bunga durian sering rontok sebelum menjadi buah? dan bagaimana pula cara mengatasi kerontokan pada bunga durian. Untuk menambah wawasan anda tentang hal tersebut,

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab bunga durian sering mengalami kerontokan, dan anda juga tahu apa saja tips agar mencegah bunga durian tidak mudah rontok, maka saatnya anda memulai bagaimana cara menanam pohon durian agar berhasil. Berikut ini merupakan Tahap Awal Dalam Menanam Pohon Durian Agar Berbuah Banyak. Silahkan anda ikuti petunjuk berikut ini.

Image result for tanaman durian

Tahap Awal Dalam Menanam Pohon Durian Agar Berbuah Banyak


1. Pemilihan Bibit Durian Yang Unggul

Adapun faktor pertama yang harus anda perhatikan ketika pertama kali mau menanam pohon durian adalah bibit. Pemilihan bibit durian haruslah tepat agar kualitas buah durian juga berkualitas. Untuk memilih bibit durian ini anda bisa lakukan stek atau mencangkok langsung dari pohon durian yang benar-benar unggul dan sudah pernah berbuah. Karena dengan cara tersebut anda akan mendapatkan bibit durian yang menyerupai indukannya.

2. Perhatikan Tingkat Kesuburan Tanah

Jika anda ingin agar budiday durian yang anda lakukan berhasil dan memperoleh hasil maksimal, maka tingkat kesuburan tanah juga harus anda perhatikan. tahukah anda bahwa pohon durian ini sangat sulit dibudidayakan pada kondisi tanah yang terlalu liat, jika tanah terlalu liat akan mengganggu pertumbuhan akar dan susah untuk berkembang. Jadi sebaiknya anda menanam durian pada tanah yang memiliki ciri warna hitam keabuan, kemudian struktur lapisan atas tanah bebutir-butir, sedangkan bagian bawah bergumpal, serta kemampuan tanah tersebut dalam mengikat air sangat tinggi. Selain itu perlu diperhatikan juga bahwa tingkat keasaman tanah yang baik untuk tanaman durian adalah (pH) 5 – 7, dengan pH optimum 6 – 6,5. Menanam durian ini baik juga pada tanah lempung berpasir yang gembur dan banyak mengandung unsur hara. 

3. Tingkat Kedalaman Lapisan Tanah

Yang perlu anda ketahui bahwa pohon durian adalah pohon dengan jenis akar tunggang yang harus ditanam dengan kedalaman tanah yang cukup dalam. Untuk tingkat kedalaman air tanah yaitu sekitar 50 -300 cm. Apabila anda menanam pohon durian ini terlalu dangkal akan menyebabkan tanaman durian tidak dapat berkembang dengan baik dan bahkan bisa mati, juga jika terlalu dalam juga tidak baik. Jadi tingkat kedalam ini harus diperhatikan.

4. Penanaman Bibit Durian

Setelah anda penuhi beberapa syarat tersebut, langkah selanjutnya adalah tahap anda menanamkan bibit durian. Tanamlah bibit durian pada lahan atau tanah seperti yang saya sebutkan diatas. Setelah itu anda rawat tanaman agar dapat berkembang dengan baik.

5. Perhatikan Kondisi Musim

Jika durian sudah mulai berbunga, harus dilakukan penyiraman rutin 3 kali dalam seminggu terutama pada musim kemarau. Karena ketika pohon durian berbunga, akan lebih banyak membutuhkan air untuk berkembang dan menghasilkan buah dengan baik. Apabila tanaman durian yang sedang berbunga kekurangan air maka bisa jadi bunga durian akan rontok dan tidak menjadi buah.

Itulah beberapa Tahap Awal Dalam Menanam Pohon Durian Agar Berbuah Banyak. Karena menanam durian tidak bisa sembarangan tanam, harus mengetahui tehnik budidaya durian dan tahu bagaimana cara menanam durian yang baik dan benar. Mudah-mudahan dengan adanya artikel singkat ini dapat menambah wawasan anda tentang budidaya durian. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive