Cara Budidaya Buah Mangga Dalam Pot Berbuah Lebat dan Manis

Sponsored Links
Budidaya buah mangga dalam pot merupakan alternatif bagi kita yang tidak memiliki lahan pertanian dan perkebunan yang luas. Karena dengan budidaya buah mangga dalam pot kita akan mendapatkan banyak keuntungan. Salah satu keuntungan budidaya buah mangga dalam pot adalah kita akan tetap bisa menanam buah mangga meskipun di lahan yang sempit, selain itu kita juga akan mendapatkan hasil buah mangga yang jauh lebih berkualitas. Bahkan umur atau masa berbuah tanaman mangga yang ditanam dalam pot jauh lebih pendek bila dibanding tanaman mangga yang ditanam tidak dalam pot.

Menanam buah mangga dalam pot menjadi hobi yang akhir-akhir ini diminati banyak orang, termasuk saya sendiri. Saya sangat senang melakukan budidaya tanaman buah-buahan terutama dalam pot. Karena dengan menanam buah-buahan dalam pot akan membuat keindahan halaman rumah dan juga membuat kita senang ketika buah mangga sudah berbuah. Untuk menanam buah mangga dalam pot ada tehnik dan tipsnya tersendiri. Dengan penanaman yang benar maka hasil dari budidaya tanaman buah mangga dalam pot tentu akan berhasil. Jika anda tidak mengetahui bagaimana tips budidaya buah mangga dalam pot, maka disini akan membagikan tipsnya. Untuk itu simak terus artikel ini sampai habis.

Kunci sukses budidaya buah mangga dalam pot ini sebenarnya hampir sama dengan budidaya tanaman buah lainnya. Mungkin ada sedikit perbedaan, karena media tanam yang kita gunakan adalah pot. Selain itu tehnik yang lainnya mulai dari pemilihan bibit, pemilihan pot yang digunakan, pemberian pupuk, perawatan dan sebagainya harus diperhatikan juga. Untuk lebih jelasnya bagaimana menanam buah mangga dalam pot berikut ini penjelasannya.

Tips Budidaya Buah Mangga Dalam Pot

Tips Budidaya Buah Mangga Dalam Pot


Cara menanam buah mangga dalam pot ini cukup mudah, namun meskipun demikian bukan berarti dianggap mudah ya. Ada beberapa persyaratan yang harus anda siapkan untuk menanam buah mangga dalam pot ini.

1. Pemilihan bibit buah mangga

Untuk menanam buah mangga dalam pot maupun diluar pot, maka syarat pertama adalah anda harus memilih dulu bibit dari buah mangga yang akan anda tanam. Adapun bibit buah mangga yang baik adalah bibit yang dihasilkan dari pencangkokan dan penyetekan. Karena dengan cara mencangkok dan stek batang, akan mendapatkan tanaman yang menyerupai indukannya. Jadi pilih dulu pohon indukan yang benar-benar berkualitas.

2. Pemilihan Jenis Varietas

Sebenarnya hampir semua jenis varietas tanaman buah dapat dilakukan dalam pot. Tetapi tentunya masing-masing dari varietas tersebut memiliki perbedaan dalam beberapa hal, seperti ; kecepatan masa berbuah, produksi buah, bentuk tajuk maupun tingkat kesulitan. Sebaiknya anda memilih jenis varietas yang mudah berbuah, serta mudah dirawat, bertajuk kompak dan produktif. Contoh jenis varietas buah mengga yang mudah ditanam dalam pot adalah mangga manalagi, mangga madu, mangga apel, dan masih banyak lagi lainnya. Jenis varietas mangga tersebut dapat dibuahkan sejak umur 2,5 tahun, selain itu jumlah buah juga relatif lebih banyak sehingga membuat penampilan lebih menarik.

3. Pemilihan Media Tanam

Media tanam buah mangga dalam pot ini adalah tanah yang subur bercampur pupuk. Unsur hara sangat diprioritaskan dalam budidaya buah mangga dalam pot. Buah mangga sangat menyukai media tanah yang bertekstur gembur, berbutir-butir dan kaya kandungan hara. Adapun komposisi campuran yang bisa dibuat untuk menanam buah mangga dalam pot antara lain; tanah,pupuk kandang atau kompos, arang dari sekam padi, dengan perbandingan adalah 2:1:1 ( 2 tanah, 1 pupuk kandang atau kompos, dan 1 arang sekam padi ).

4. Pemilihan Pot

Untuk menanam buah mangga dalam pot, maka jelas pemilihan pot sangat berpengaruh pada keberhasilan anda dalam menanam buah mangga. Ada bermacam-maca jenis pot yang bisa anda gunakan untuk menanam buah mangga dalam pot. Seperti drum bekas minyak yang sudah dibelah dua, bak mandi berukuran besar, atau jika anda punya uang yang berlebih anda bisa membeli pot khusus untuk tanaman buah. Namun jika anda gunakan pot yang terbuat dari plastik, maka harus diperhatikan tingkat ketahannya dari pecah. Setelah anda memiliki pot yang siap digunakan, anda harus melubangi bagian bawah atau dasar pot terlebih dahulu. Untuk ukuran lubang biasanya antara 1-2 cm dan jumlah lubang sekitar 1-6 lubang. Untuk memperlancar pembuangan air, maka anda harus menganjal bagian dasar pot dengan batu atau sejenisnya, yang penting asal bagian bawah pot memiliki rongga.


5. Tahap Penanaman

Untuk menanam buah mangga dalam pot hampir sama dengan menanam tanaman lain didalam pot. Caranya dengan mengisi terlebih dahulu dasar pot dengan serutan gergaji atau pecahan batu bata atau genting hingga mencapai tebal 5-10 cm. Hal ini bertujuan untuk menjamin kelancaran drainase dan aliran udara dalam pot. Kemudian masukkan media tanam yang sudah dipersiapkan tadi hingga separuh pot, lalu masukkan bibit yang sudah anda keluarkan dalam polybag, usahakan jangan sampai tanah dalam polybag pecah. Kemudian timbun lagi dengan media tanam yang masih tersisa sampai penuh. Usahakan juga agar bidang bekas okulasi ( jika bibit yang anda tanam dari hasil okulasi atau stek) masih menonjol 10-15 cm diatas permukaan media tanah. Setelah anda selesai menanam segera anda siram dengan air tanaman tersebut.

6. Tahap Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman

Setelah bibit buah mangga selesai anda tanam dalam pot, maka langkah selanjutnya adalah perawatan tanaman buah mangga. Karena semua tanaman yang sudah kita tanam harus dirawat dengan baik agar tanaman menjadi sehat dan terhindar dari penyakit. Untuk tahap perawatan buah mangga dalam pot, anda bisa lakukan :

Penyiraman
Dari awal penanam bibit buah mangga yang anda tanam dalam pot maka harus disiram secara teratur dipagi dan sore hari. Untuk volume penyiraman jangan teralu banyak karena bisa membuat media tanam keluar dari dalam pot.

Pemupukan
Untuk mendapatkan hasil tanaman yang berkualitas dan juga mempercepat pertumbuhan tanaman, maka pemupukan adalah hal wajib yang harus anda lakukan. jenis pupuk yang bisa anda gunakan adalah jenis pupuk organik maupun anorganik. Pupuk organik ini seperti kotoran ternak, sedangkan pupuk anorganik seperti NPK, UREA, dan lain-lain. Cara pemupukan bisa anda taburkan disekeliling batang pohon, ingat jangan sampai menyentuh batang pohon mangga ya agar tanaman tidak mati. Volume pemupukannya pun harus sesuai takaran, jangan terlalu berlebihan agar tanaman tidak mati.

Penanggulangan Hama dan Penyakit
Agar tanaman tetap sehat, maka anda harus menanggulanginya dari serangan hama dan penyakit. Dengan cara melakukan penyemprotan khusus untuk menanggulangi hama dan penyakit yang dapat mengganggu tanaman. Hama yang biasanya sering menyerang adalah ulat daun, kutu daun, binatang penggerak.

7. Panen

Masa panen tanaman buah mangga dalam pot bergantung pada jenis mangga yang ditanam. Jika bibit yang anda tanam adalah hasil okulasi atau cangkok, maka dalam waktu dekat akan berbuah. Maka dari itu sebaiknya anda okulasi tanaman yang sedang berbunga supaya cepat berbuah. Menanam buah mangga dalam pot ini akan cepat berbuah dan rata-rata memiliki batang yang pendek. Berbeda dengan pohon yang diuar pot, akan sampai berpuluh-puluh tahun baru berbuah.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang Tips Budidaya Buah Mangga Dalam Pot. Mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive