Cara Budidaya Buah Matoa Agar Berbuah Lebat

Sponsored Links
Cara Budidaya Buah Matoa agar mendapatkan hasil panen yang baik memang terbilang gampang-gampang susah. Kenapa saya katakan seperti itu? Karena menanam buah matoa ini dibutuhkan kerja keras dan perawatan khusus. Memang untuk menanam buah matoa cukup mudah, yang susah adalah bagaimana cara supaya tanaman buah matoa dapat berbuah lebat. Buah matoa merupakan tanaman buah khas daerah papua yang memiliki nama latin pometia pinnata. Matoa tergolong dalam kategori pohon besar dengan tinggi rata-rata sekitar 18 meter dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm. Buah matoa ini biasanya akan berbuah sekali dalam satu tahun. Untuk rasa dari buah matoa ini kalau menurut saya sendiri adalah hampir mirip dengan buah kelengkeng yaitu memiliki rasa yang manis dan enak.

Adapun buah matoa ini mulai menyebar diseluruh daerah di indonesia terutama di wilayah yang memiliki dataran rendah dengan ketinggian sekitar 1200 meter diatas permukaan laut. Beberapa daerah yang sudah mengembangkan pohon matoa ini antara lain daerah di Sulawesi, Maluku, dan Papua New Guinea. Pohon matoa ini dapat tumbuh dengan baik pada wilayah yang memiliki tekstur tanah kering dan tidak tergenang air, dengan curah hujan yang tinggi (>1200 mm/tahun).

Tips Budidaya Buah Matoa Agar Berhasil
Buah Matoa Hasil Tanaman Sendiri ( Foto Pribadi Wahyu Hendro Wibowo )

Tips Budidaya Buah Matoa Agar Berhasil
Buah Matoa Hasil Tanaman Sendiri ( Foto Pribadi Wahyu Hendro Wibowo )

Untuk membudidayakan buah matoa diperlukan beberapa tips dan cara agar dalam menanam buah ini bisa berhasil. Karena jika anda berminat membudidayakan buah matoa ini dengan serius, anda akan mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Hal ini dikarenakan masih sulit dan jarangnya orang yang membudidayakan buah matoa ini. Selain itu ditoko buah juga masih jarang orang yang menjual buah matoa ini. Ini menandakan bahwa tidak banyak orang yang dapat membudidayakan buah matoa secara baik dan benar. Pada umumnya mereka yang sudah pernah menanam pohon matoa akan mendapatkan hasil kurang memuaskan. Rata-rata buah matoa tidak menjadi, banyak busuk, dan rontok. Maka dari itu untuk melakukan budidaya buah matoa diperlukan skil atau keahlian. Selain membutuhkan keahlian, anda juga harus benar-benar konsisten dalam merawat pohon matoa supaya menghasilkan buah yang banyak dan tidak rontok.

Untuk melakukan budidaya buah matoa bisa anda simak dan ikuti instruksi yang akan admin bagikan dibawah ini.  Dibawah ini merupakan hasil dari pengalaman saya membudidayakan buah matoa dirumah. Mudah-mudahan dengan adanya tips ini anda dapat membudidayakan buah matoa dengan baik dan benar.

Tips Budidaya Buah Matoa Agar Berhasil


Didalam membudidayakan buah matoa, anda bisa melakukan dengan dua tehnik. Adapun tahnik yang bisa anda gunakan adalah dengan cara menanam bijinya langsung atau disebut juga (Generatif) dan dapat juga dilakukan dengan cara mencangkok batangnya atau disebut dengan istilah (Vegetatif). Pastinya kedua tehnik ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau menurut pendapat saya, jika kita ingin mendapatkan hasil yang menyerupai indukannya, maka tehnik yang tepat adalah dengan cara mencangkok batangnya. Nah berikut ini merupakan beberapa langkah bagaimana cara menanam pohon buah matoa yang baik dan benar:

1. Siapkan Bibit Buah Matoa

Untuk penyiapan bibit buah matoa ini, jika tehnik yang digunakan dengan metode cangkok, maka anda harus memiliki dulu bibit cangkokan buah matoa dari indukan yang unggul. Jika sudah anda cangkok sebelumnya, maka jika cangkokan sudah mengeluarkan akar, langkah selanjutnya anda potong cangkokan tersebut tepat dibawah area akar. Lalu pindahkan dulu kedalam polybag sampai keluar akar banyak dan ada tanda-tanda bibit tumbuh besar. Tapi jika anda memilih budidaya buah matoa dengan tehnik generatif atau dari bijinya langsung, maka silahkan anda semai biji matoa yang tentunya harus berasal dari buah matoa yang sudah tua. Tunggu sampai bibit tumbuh dan memiliki tinggi batang kira-kira sekitar 10-15 cm, lalu anda  pindahkan ke dalam polybag. Selanjutnya anda rawat bibit tersebut sampai memiliki ketinggian batang kira-kira sekitar 40-50 cm.

2. Menyiapkan Lubang Tanam

Setelah semua bibit anda persiapkan, sekarang saatnya anda membuat lubang tanam. Namun perlu anda ketahui bahwa menaman buah matoa ini dapat juga anda tanamkan didalam pot. Jika ingin menanam buah matoa didalam pot, maka otomatis pot harus besar dan kuat, bisa anda gunakan drum bekas minyak yang dibelah jadi dua, kemudian jangan lupa beri lubang bagian bawahnya. Setelah itu isi pot dengan tanah gembur dan dicampur dengan skam padi dan pupuk kandang seperti kotoran kambing. Kenapa saya sarankan menggunakan kotoran kambing, karena kotoran kambing adalah pupuk kandang yang paling baik diantara pupuk kandang lainnya. Untuk perbandingannya adalah 2 : 1 ( 2 tanah dan 1 pupuk kandang). Jika anda tidak ingin menanam didalam pot, maka silahkan buat lubang tanam dengan ukuran sekitar 50 cm x 50 cm dengan kedalaman sekitar 50-60 cm. Kemudian silahkan anda isi lubang tanam tersebut dengan pupuk kandang seperti pada pot tadi. Isi sampai 2/3 bagian terisi. Kemudian biarkan dulu lubang tanam selama kurang lebih 1 bulan supaya pupuk kandang  dapat meresap dengan sempurna, setelah itu baru anda tanamkan bibit buah matoa yang sudah anda persiapkan sebelumnya.

3. Tahap Penanaman

Sesudah bibit dan lahan anda siapkan, maka tinggal anda tanam bibit buah matoa baik dalam pot maupun ditanah secara langsung. Jika anda tanam pada pot, maka buka plastik polybag secara perlahan-lahan, kemudian masukkan kedalam pot yang sudah berisi tanah dan pupuk. Kemudian timbun dengan sisa tanah dan pupuk kandang yang ada. Jika anda menaman ditanah dengan lubang yang sudah dipersiapkan sebelumnya, caranya juga sama dengan menanam dalam pot. Silahkan anda buka plastik polybag pada bibit buah matoa, kemudian masukkan pada lubang tanam secara perlahan-lahan, kemudian timbun dengan tanah dan pupuk yang tersisa.

4. Tahap Perawatan

Setelah proses menamam pohon buah matoa selesai, saatnya anda lakukan perawatan agar tanaman buah matoa yang anda tanam dapat tumbuh dengan baik dan cepat berbuah. Anda harus melakukan perawatan dengan cara menyiram, memupuk secara berkala, menyiangi atau menghilangkan rumput-rumput liar disekitar tanaman, jika pohon matoa mulai berbunga lakukan penyemprotan hama dan penyakit. Dengan melakukan perawatan yang baik, maka hasil budidaya buah matoa juga akan baik. Biasanya pohon matoa akan mulai berbuah setelah berumur 3-4 tahun jika dihasilkan dari bibit cangkokan, dan akan berbuah setelah 6 tahun jika bibit dari tehnik generatif atau dari bijinya langsung.

Itulah sedikit Tips Budidaya Buah Matoa Agar Berhasil yang dapat admin sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda dalam bidang perkebunan.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive