Cara Budidaya Cabe Di Area Persawahan

Sponsored Links
Budidaya cabe untuk mendapatkan hasil maksimal sebenarnya mudah untuk dilakukan jika kita paham dan mengerti bagaimana tehniknya. Salah satunya menanam cabe disawah. Sebagaimana yang kita tahu bahwa cabe merupakan salah satu komoditas pertanian yang memiliki prospek besar jika dikembangkan dengan baik. Karena permintaan konsumsi cabe ini semakin meningkat. Buktinya dari hasil survei dipasar-pasar tradisional membuktikan bahwa rata-rata 80 % orang belanja kepasar pasti akan membeli cabe. Memang cabe merupakan salah satu bumbu dapur yang berfungsi untuk memberikan rasa pedas. Bahkan konsumsi cabe yang nantinya akan dijadikan sambal ini semakin meningkat.
Image result for tanaman cabe di sawah
Untuk memenuhi kebutuhan cabe tersebut, maka banyak sekarang petani yang beralih ke budidaya cabe. Menanam cabe, baik itu cabe merah, cabe hijau, atau cabe rawit memiliki tehnik yang berbeda-beda. Setiap orang atau para petani cabe pastinya memiliki tehnik budidaya cabe tersendiri. Namun mau bagaimana pun sebenarnya menanam cabe hampir sama. Yang dibutuhkan adalah skil atau keahlian, baik dari segi pengolahan lahan cabe, penanaman cabe, perawatan tanaman cabe, hingga pemupukan cabe, sehingga jika kita memiliki setidaknya kemampuan tersebut, maka hasil panen yang diperoleh akan baik.

Berbicara masalah budidaya cabe, tentu anda sudah pernah mendengar budidaya cabe dengan metode mulsa. Memang keunggulan menanam cabe dengan plastik mulsa sangat baik dan menguntungkan. Banyak manfaat yang diperoleh dari budidaya cabe menggunakan plastik mulsa ini, sehingga membuat para petani banyak yang menggunakannya.
Selain menggunakan metode mulsa, budidaya cabe juga bisa dilakukan secara hidroponik. Apa itu hidroponik dalam pertanian? Hidroponik merupakan cara budidaya dengan memanfaatkan air sebagai media tanamnya. Jadi menanam tanaman menggunakan tehnik hidroponik ini sangat mudah dan simpel, namun hasilnya bisa maksimal dibanding menggunakan metode yang lain. 
Bagi anda yang mau mencoba budidaya cabe secara hidroponik, bisa anda baca Tips Budidaya Cabe Merah Secara Hidroponik. Melakukan pembudidayaan cabe, diperlukan kesabaran dan ketelitian, karena jika kita tidak sabar dan teliti, maka bisa saja hasilnya tidak akan maksimal. Banyak metode yang bisa digunakan untuk memaksimalkan tanaman cabe. Sehingga apabila metode yang digunakan benar, maka hasil panen cabe akan meningkat. 

Namun yang menjadi kendala para petani adalah apabila musim kemarau datang. Jika kemarau sudah datang, maka banyak para petani yang gagal panen cabe. Karena budidaya cabe dimusim kemarau memang sangat menyulitkan. Jika kita tidak tahu tehniknya maka bisa jadi tidak panen cabe, akibatnya kita akan rugi.

Oke kembali pada topik kita kali ini yakni masalah budidaya cabe diarea persawahan. Menanam cabe bisa dilakukan dimana saja asalkan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Salah satunya adalah menanam cabe dilahan sawah. Jika anda memiliki lahan persawahan yang kosong, anda bisa tanami cabe. Untuk tahu bagaimana cara menanam cabe disawah silahkan ikuti tipsnya dibawah ini.

Tips Budidaya Cabe Di Area Persawahan


  1. Sebelum anda menanam cabe disawah, sebaiknya anda lakukan pembajakan terlebih dahulu. Yaitu dengan menggemburkan dan membolak-balikkan tanah agar menjadi gembur. Setelah tanah dipersawahan menjadi gembur, selanjutnya adalah membuat gundukan atau bedengan.
  2. Dalam membuat bedengan ini, anda bisa menggunakan alat seperti cangkul. Lakukan pembedengan dengan metode memanjang, seperti pada gambar yang ada di atas.
  3. Setelah selesai membuat bedengan, langkah selanjutnya adalah menyemai biji cabe. Dalam menyemai biji cabe ini, anda bisa melakukannya dengan satu tempat saja. Untuk menambah wawasan anda bagaimana menyemai biji cabe, silahkan baca Tips Sederhana Menyemai Biji Cabe Agar Cepat Tumbuh.
  4. Setelah biji disemaikan, tunggu sampai tumbuh dan siap tanam. Setelah benih siap tanam, maka silahkan anda tanamkan pada lahan persawahan yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  5. Lakukan perawatan intensif pada tanaman cabe yang sudah anda tanam. Karena budidaya cabe dilahan persawahan berbeda dengan menaman cabe didataran tinggi. Jadi anda harus pandai dalam merawatnya. Pemupukan juga harus dilakukan dengan benar supaya pertumbuhan cabe dapat maksimal.

Mungkin itu saja Tips Budidaya Cabe Di Area Persawahan kali ini, mudah-mudahan sedikitnya dapat menambah wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive