Cara Efektif Membuat Agar Padi / Gabah Cepat Kering

Sponsored Links
Padi merupakan komoditas pangan yang menjadi salah satu bahan penting dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Karena dengan adanya padi/gabah ini nantinya akan dijadikan beras dan dimasak menjadi nasi yang selama ini kita konsumsi sebagai makanan pokok. Sudah menjadi hal biasa bagi para petani padi yang membudidayakan padi, baik padi sawah maupun padi darat. Didalam menanam dan membudidayakan padi tersebut, tentunya membutuhkan banyak kerja keras para petani dalam meningkatkan hasil panen padi mereka. Jika hasil panen padi meningkat, maka sudah pasti kebutuhan pangan juga akan meningkat lebih baik. 

Untuk meningkatkan hasil panen padi sawah ini pastinya para petani akan terus berusaha sebaik mungkin agar hasil panen padi benar-benar sesuai dengan apa yang diharapkan selama ini. Ketika memasuki masa panen, maka setelah proses kegiatan pemanenan padi sawah selesai dilakukan, baik secara manual maupun pemanen menggunakan mesin pertanian, maka saatnya padi dikeringkan agar nantinya dapat digiling menjadi beras. Adapun kendala yang biasanya dihadapi para petani padi adalah ketika waktunya menjemur atau mengeringkan padi, kondisi cuaca tidak mendukung, seperti mendung dan hujan. Jika demikian, maka hal ini dapat mengakibatkan padi atau gabah yang baru saja dipanen akan mengalami penurunan kualitas karena tidak langsung dijemur atau dikeringkan. Akibatnya beras nantinya akan mudah patah dan hancur ketika digiling. Untuk mengatasi hal itu, maka disiniakan bagikan beberapa tips bagaimana Cara Agar Padi/Gabah Cepat Kering. Sehingga dengan adanya tips ini, meskipun musim hujan para petani tetap dapat mengeringkan padi/gabah mereka tanpa hambatan. Silahkan simak penjelasanya berikut ini.


Cara Agar Padi/Gabah Cepat Kering


1. Jemur padi diterik matahari

Mungkin hal ini sudah menjadi hal umum dan semua petani juga tahu kalau cuaca panas pasti sangat mendukung kegiatan penjemuran atau pengeringan padi. Maka dari itu jika cuaca mendukung, maka jemurlah padi diterik matahari hingga beberapa hari sampai padi benar-benar kering dan bisa digiling. Karena panas matahari akan mempercepat padi mengering dan bisa untuk digiling.


2. Angin-anginkan padi/gabah

Jika cuaca kurang mendukung, maka kita bisa melakukan pengeringan dengan cara menganginkan padi agar bisa kering. Meskipun cuaca kurang mendukung, tetapi padi harus tetap dijemur agar tidak menjamur karena basah dan pengap.


3. Jemur padi dilantai semen

Cara Agar Padi/Gabah Cepat Kering
Gambar petani menjemur padi dilantai agar cepat kering

 

Tujuan menjemur padi dilantai semen ini adalah agar padi cepat kering, berbeda jika anda menggunakan alas seperti goni. Panas matahari yang langsung mengenai ubin atau lantai semen akan menimbulkan panas yang berganda, sehingga jika padi dijemur dilantai semen tersebut akan cepat keringnya. Anda cukup meratakan dan membolak-balikkan sebentar dan tunggu beberapa saat. Biasanya satu hari padi sudah bisa kering sempurna.


4. Keringkan dengan menggunakan mesin

Cara mengeringkan padi/gabah dengan cepat selanjutnya tentunya menggunakan mesin pengering padi. Namun cara ini hanya bisa dilakukan bagi mereka yang memiliki banyak uang untuk membeli mesin pengering padi. Bagi petani biasa sudah pasti memilih mengeringkan padi dengan cara menjemur pada terik matahari.

Itulah beberapa Cara Agar Padi/Gabah Cepat Kering, mudah-mudahan informasi singkat ini dapat menambah wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive