Cara Membuat Agar Buah Matoa Dapat Berbuah Lebat dan Besar-Besar

Sponsored Links
Budidaya buah matoa menjadi hal yang menyenangkan bila dapat dilakukan dengan cara yang benar, sehingga hasil dari menanam pohon matoa dapat berhasil. Didalam budidaya buah matoa, diperlukan beberapa tips agar tingkat keberhasilan budidaya buah matoa dapat dicapai dengan sempurna. Buah matoa sendiri merupakan salah satu buah yang akhir-akhir ini cukup populer. Tahukah anda bahwa buah matoa merupakan tanaman buah khas yang berasal dari daerah papua. Buah yang memiliki nama latin pometia pinnata ini tergolong didalam kategori pohon besar yang memiliki tinggi rata-rata 18 meter dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm. Dalam setahun, buah matoa ini akan berbuah hanya sekali saja. Buah matoa ini memiliki rasa yang khas, bahkan hampir mirip dengan buah kelengkeng. Rasa buah yang manis dan enak membuat banyak orang menyukainya.
Image result for buah matoa
Cara budidaya buah matoa cukup mudah, namun bagi orang yang belum pernah menanam pohon matoa ini mungkin akan mengalami sedikit kesulitan. Padahal kenyataannya menanam pohon matoa tidak jauh berbeda dengan menanam pohon lainnya. Hanya saja diperlukan tips khusus agar buidaya buah matoa dapat berhasil.

Setelah menanam buah mato bisa anda lakukan, lalu bagaimana langkah selanjutnya yang harus dilakukan agar buah matoa dapat berbuah besar-besar? Mungkin dibiarkan begitu saja buah matoa juga akan berbuah, meskipun buahnya tidak maksimal dan cendrung kecil-kecil. Jika demikian tentu kita tidak akan merasa puas. Berbeda jika pohon matoa dapat berbuah lebat dan besar-besar. Nah pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan memberikan sedikit tips kepada anda bagaimana cara agar buah matoa bisa berbuah besar-besar. Yuk simak berikut penjelasannya.



Cara Agar Buah Matoa Dapat Berbuah Besar-Besar


1. Beri Pupuk

Tidak ada cara lain untuk membuat tanaman dapat berbuah maksimal selain dengan memberikan pupuk. Pupuk merupakan nutrisi penting bagi tanaman. Apakah pupuk organik maupun pupuk anorganik adalah hal yang sama-sama pentingnya guna meningkatkan hasil buah pada tanaman, khusus tanaman buah matoa yang anda budidayakan. Proses pemupukan dapat dilakukan 3 bulan sekali agar hasil buah dapat maksimal, terutama jika pohon matoa sedang berbunga.

2. Rajin Menyiram

Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan air, tidak terkecuali pohon matoa, akan membutuhkan banyak air terutama dalam masa berbunga. Apalagi jika kondisi musim sedang kemarau. Jadi agar buah matoa dapat berbuah besar-besar, maka rajinlah anda menyirami dipagi da sore hari.

3. Mencegah Hama dan Penyakit

Hama dan penyakit merupakan salah satu faktor yang menyebabkan gagalnya pertanian maupun perkebunan. Untuk itu diperlukan pencegahan agar tanaman dapat tumbuh maksimal. Begitu juga buah matoa ini, jika dalam masa berbunga sudah diganggu hama dan penyakit, maka harapan untuk berbuah besar akan sia-sia. Jangankan dapat berbuah besar, untuk menjadi buah saja sudah tidak mungkin, karena bunga bisa saja mengalami rontok dan gugur karena diserang hama dan penyakit. Lakukan pencegahan dengan menyemprot hama dan penyakit.

Jika ketiga langkah diatas anda lakukan dengan benar, maka pohon matoa yang anda budidayakan akan berbuah lebat dan besar-besar. Itulah Cara Agar Buah Matoa Dapat Berbuah Besar-Besar. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi anda semua.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive