Cara Sederhana Agar Pohon Mangga Berbuah Banyak dan Lebat

Sponsored Links
Cara agar pohon mangga dapat berbuah banyk dan lebat sering dicari oleh para petani buah, khususnya buah mangga. Tidak hanya para petani buah saja yang mencari alternatif untuk membuat buah mengga bisa berbuah banyak dan lebat, tetapi sekarang rata-rata masyarakat juga mencarinya. Budidaya buah mangga memang menjadi keuntungan tersendiri bagi masyarakat. Disamping rasanya yang manis dan menyegarkan, pohon mangga yang ditanam dipekarangan maupun depan rumah juga akan menambah nilai pemandangan yang cukup apik. Makanya skrang banyak masyarakat yang menanam pohon amngga didepan rumah mereka maupun di pekarangan rumah mereka. Sehingga jika budidaya buah mangga berhasil, mereka tidak perlu lagi membeli buah mangga sebagai buah harian mereka kerena sudah memiliki sendiri pohonnya.
Related image



Namun terkadang didalam membudidayakan pohon mangga, banyak orang yang mengalami kedala dan keluhan, seperti pohon mangga tidak dapat tumbuh maksimal, bunga mangga sering mengalami rontok, dan sebagainya. Namun dari sekian banyak permasalahan dalam budidaya buah mangga, yang paling sering dialami oleh mereka adalah bunga buah mangga sering mengalami kerontokan sebelum menjadi bauh. Jika hal ini sering terjadi, dapat dipastikan anda tidak akan pernah panen buah mangga. Lantas bagaimana cara mengatasi bunga mangga sering rontok?

Ketika anda menamam dan membudidayakan buah mangga, tentu anda menginginkan hasil yang baik dan berkualitas. Anda pasti ingin kalau buah mangga anda dapat berbuah banyak dan gembel. Ada beberapa cara agar buah mangga dapat berbuah banyak dan lebat, jika anda tahu cara ini, maka dapat dipastikan budidaya buah mangga yang anda lakukan akan berhasil, pohon mangga akan berbuah banyak dan lebat. Lalu bagaimana Tips Agar Pohon Mangga Berbuah Banyak? Yuk simak penjelasannya berikut ini.


Tips Agar Pohon Mangga Berbuah Banyak


1. Pemberian pupuk

Langkah pertama jika anda ingin buah mangga dapat berbuah banyak adalah dengan rajin memberikan nutrisi bagi pohon buah mangga yang anda tanam. Nutrisi ini dapat berupa pupuk, baik pupuk organik mapun pupuk anorganik. Anda bisa memberikan pupuk anorganik seperti pupuk NPK, karena pupuk NPK ini sangat baik untuk memancing tanaman agar dapat berbuah banyak.

2. Menambah kapur pertanian (dolomit)

Sebelum anda memberikan pupuk NPK, akan lebih baik jika anda berikan dolomit terlebih dahulu pada tanaman buah mangga. Pemberian kapur dolomit ini bertujuan untuk menetralkan pH pada tanah atau keasaman tanah, sehingga nantinya pohon akan tumbuh subur dan dapat berbuah banyak.

3. Menanggulangi hama dan penyakit

Cara agar pohon mangga dapat berbuah banyak dan lebat selanjutnya adalah dengan menanggulangi dari serangan hama dan penyakit. Karena dalam budidaya pertanian maupun perkebunan selalu ada kendala berupa serangan hama dan penyakit. Untuk itu anda harus melakukan pencegahan agar pohon mangga tidak diserang hama dan penyakit, lebih-lebih ketika pohon mangga sedang berbuah. Cara memberantas hama penyakit pada tanaman mangga hampir sama dengan tnaman lainnya, lakukan penyemprotan khusus hama agar buah mangga tidak busuk.

4. Lakukan pemangkasan

Ketika anda sudah panen buah mangga, maka lakukan pemangkasan ranting dan cabang pohon agar nanti pohon mangga dapat berbuah lebat. Lakukan pemangkasan cabang pohon mangga dengan cara yang benar, jangan asal menebang. Karena memangkas cabang pohon buah mangga ini ada tehniknya sendiri.

Itulah beberapa Tips Agar Pohon Mangga Berbuah Banyak, mudah-mudahan informasi singkat ini dapat menambah wawasan dan pengalaman anda, sehingga budidaya buah mangga yang anda lakukan dapat berhasil. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive