Cara Unik Menanam Buah Pepaya CaliforniaBerbuah Lebat dan Bebas Hama Penyakit

Sponsored Links
Pepaya California atau Calina merupakan salah satu dari sekian banyak jenis-jenis buah pepaya. Buah pepaya california ini memiliki keunikan diantara buah pepaya yang lain. Salah satu keunikan buah pepeaya california adalah ia memiliki umur yang relatif pendek dan bentuk batangnya sangatlah rendah. Namun meskipun rendah, pepaya california ini sudah bisa berbuah dan dapat menghasilkan buah yang berkualitas. Pepaya california ini adalah jenis pepaya unggul dengan umur genjah. Dengan umur yang singkat tersebut dapat dipanen dalam waktu yang sangat singkat yaitu kurang lebih 7 bulan. Adapun ciri-ciri buah pepaya california ini antara lain :
  • Memiliki umur yang pendek
  • Memiliki batang yang rendah
  • Bentuk buah lonjong
  • Warna buah hijau ( ketika masih muda ) dan kuning ( setelah tua /matang )
  • Buahnya banyak
  • Berkulit tebal
  • Daging buah kenyal dan rasanya sangat manis

Buah pepaya california ini memiliki masa produktif yang sangat panjang. Untuk mulai berbuah saja bisa antara 7-9 bulan dan umur pepaya california ini bisa sampai 4 tahunan lho. Masa panen buah pepaya california ini bisa dilakukan 4 kali dalam satu bulan, dan setiap panen buah pepaya california dapat menghasilkan 10-20 buah disetiap pohonnya. Bayangkan saja jika anda memiliki 1 hektar bahkan lebih pohon buah pepaya california ini. Bisa menghasilkan 2 ton bahkan lebih dalam setiap panen.

Panduan Menanam Buah Pepaya California Agar Sukses
Buah pepaya california
Panduan Menanam Buah Pepaya California Agar Sukses


Lalu bagaimana cara budidaya pepaya california ini? Nah pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan bagikan Panduan Menanam Buah Pepaya California Agar Sukses. Untuk itu silahkan anda mengikuti instruksi dibawah ini.

Tips Budidaya Buah Pepaya California Yang Baik dan Benar


1. Tahap Penyemaian Benih

benih pepaya california
Benih pepaya california siap tanam
Bibit buah pepaya California dapat dihasilkan dari penyemaian biji buah pepaya california yang sudah tua dan berkualitas atau bisa juga dengan membeli bibit buah california ini ditoko pertanian. Dibawah ini merupakan langkah-langkah bagaimana menyemai benih pepaya California yang benar:
  • Rendam biji buah pepaya california yang akan dijadikan benih dalam air selama semalam. calon benih yang baik dan bagus adalah yang tenggelam, jadi anda pili biji pepaya yang tenggelam dalam air.
  • Setelah biji selesai dipilih, kemudian diperam didalam kertas koran atau kain basah juga bisa selama kurang lebih seminggu, untuk pemeliharaan cukup dengan menjaga kadar kelembapan koran atau kain.
  • Langkah selanjutnya setelah benih diperam selama seminggu, maka benih sudah bisa disemaikan dalam polybag atau anda buat bedengan juga bisa. Adapun komposisi media tanam yang digunakan untuk menyemai benih pepaya california ini adalah tanah halus dan kompos dengan perbandingan 2:1.
  • Setelah benih tumbuh dan berumur 1 - 1,5 bulan maka benih pepaya sudah bisa ditanamkan dilahan yang sudah dipersiapkan.

2. Tahap Menanam Buah Pepaya California

Untuk melakukan penanaman buah pepaya california ini, caranya cukup mudah. Silahkan anda buat lubang tanam dengan jarak antar tanaman sekitar 2,5 Meter x 2,5 Meter atau bisa juga berjarak 2,5 Meter x 2,75 Meter. Setiap lubang tanam diberi pupuk kandang supaya pertumbuhan tanaman bagus dan subur. Adapun waktu yang paling tepat untuk menanam benih pepaya California ini adalah sore hari. Jadi sore hari panas matahari sudah tidak begitu menyengat, maka sebaiknya anda tanam ketika sore. Untuk populasi tanaman buah pepaya ini adalah sekitar 1.450 hingga 1.600 batang pohon perhektar.

3. Tahap Pemeliharaan Tanaman

Langkah selanjutnya adalah perawatan atau pemeliharaan tanaman buah pepaya california. Sebenranya perawatan tanaman buah pepaya california ini tidak jauh beda dengan tanaman lainnya. Anda hanya perlu melakukan penyiraman, pemupukan serta penyulaman ketika ada benih yang mati.

Agar mendapatkan produktifitas buah yang maksimal, maka pemupukan harus dilakukan secara maksimal, anda bisa gunakan pupuk organik maupun non organik. Pemupukan dapat dilakukan disaat mulai penanaman dengan memberi pupuk kandang atau pupuk kompos dengan takaran 40kg/ tanaman. Setelah tanaman berumur dua minggu, pemupukan dilakukan lagi dengan menggunakan pupuk NPK dengan takaran sekitar 200 gram/pohon. Dalam jangka waktu tiga bulan, pemupukan dilakukan kembali dengan pupuk kandang dan NPK dengan takaran sekitar 500 gr NPK/pohon + 40 kg pupuk kandang. Agar hasil buah meningkat dan membuat buah manis serta tahan terhadap penyakit, maka anda bisa menambah pupuk KCL pada saat tanaman mulai berbuah.

4. Tahap Panen

Masa panen buah pepaya california ini untuk pertama kalinya dapat dilakukan diumur antara 7-9 bulan. Buah pepaya California yang sudah bisa dipanen adalah buah yang sudah berwarna kuning atau kekuningan pada kulit luarnya. Tehnik memanennya dengan cara memotong tangkai buah.

Demikianlah sedikit Panduan Menanam Buah Pepaya California, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive