Definisi Arti Tanaman Hortikultura dan Jenis-Jenisnya

Sponsored Links
Secara bahasa arti Hortikultura (horticulture) berasal dari bahasa Latin hortus (tanaman kebun) dan cultura/colere (budidaya), dan juga bisa diartikan sebagai budidaya tanaman kebun. Pengertian Hortikultura ini digunakan secara lebih luas dan tidak hanya untuk budidaya perkebunan saja. Adapun istilah hortikultura ini digunakan pada jenis tanaman yang dibudidayakan. Untuk bidang kerja hortikultura ini meliputi pembenihan, pembibitan, kultur jaringan, produksi tanaman, hama dan penyakit, panen, pengemasan dan distribusi. Jadi dapat juga disimpulkan bahwa Hortikultura merupakan salah satu metode budidaya pertanian modern ( sumber : wikipedia ).

Tanaman hortikultura ini merupakan cabang dari agronomi. Namun yang membedakannya adalah bahwa holtikultura hanya memfokuskan pada budidaya tanaman seperti tanaman buah-buahan (pomologi/frutikultur), tanaman sayuran (olerikultura), tanaman bunga (florikultura), tanaman obat-obatan (biofarmaka). Untuk lebih jelasnya berikut ini Jenis-Jenis Tanaman Holtikultura.

Jenis-Jenis Tanaman Hortikultura


1. Tanaman Buah ( Pomologi/frutikultur )

 
Jenis Tanaman Buah ( Pomologi/frutikultur )


Jenis tanaman holtikultura yang pertama adalah tanaman buah. Buah-buahan merupakan jenis tanaman yang dapat menghasilkan buah. Kita semua juga pasti tahu dan dapat membedakan mana tanaman buah dan mana yang bukan tanaman buah. Tanaman buah ini bisanya disebut sebagai tanaman musiman. Jadi tanaman buah akan berbuah pada saat musim buah tertentu. Ada jenis tanaman buah yang hanya berbuah satu kali daam masa tanam dan ada juga yang berbuah berkai-kali selama ditanam. Adapun salah satu jenis tanaman buah yang hanya berbuah sekali saja adalah adalah buah pisang. Sedangkan contoh tanaman buah musiman adalah buah rambutan. Jadi sudah jelas sekali bahwa tanaman buah ini termasuk dalam ketegori tanaman holitkultura.

2. Tanaman Sayur ( Olerikultura )

Jenis Tanaman Sayur ( Olerikultura )

 

Jenis tanaman holtikutura selanjutnya adalah sayuran. Jenis tanaman ini dapat kitajumpai disekitar lingkungan dan pekarangan rumah. Sayuran merupakan tanaman yang dapat dibudidayakan setiap saat tanpa melihat musim. Sebenarnya ada dua jenis tanaman sayur yang perlu kita pahami, yang pertama adalah tanaman sayuran tahunan atau bisa dipanen selama tanaman itu hidup, seperti petai, jengkol, melinjo, ubi atau singkong, dan lain-lain. Yang kedua adalah tanaman sayuran musiman, tanaman sayur jenis ini meliputi kangkung, bayam, wortel, kacang panjang, dan lain-lain.

3. Tanaman Bunga (florikultura)

Jenis Tanaman Bunga (florikultura)

 

Jenis tanaman bunga adalah tanaman yang biasa digunakan sebagai tanaman hias. Tanaman hias ini juga bermacam-macam jenisnya, ada yang ditaman dalam pot dan ada juga yang ditanam dengan cara mananam langsung ditaman. Contoh tanaman bunga atau tanaman hias ini adalah mawar, melati, anggrek, kenanga, kamboja, dan lain-lain. Tanaman bunga ini termasuk dalam jenis tanaman holtikultura yang berfungsi sebagai penambah nilai estetika dalam suatu taman atau ruangan.

4. Tanaman Obat ( Biofarmaka )

Jenis Tanaman Obat ( Biofarmaka )

 

Jenis tanaman holtikutura yang terakhir adalah tanaman obat ( biofarmaka ) atau bisa juga disebut sebagai tanaman rempah. Tanaman obat ini sangat banyak manfaatnya dan sudah lama digunakan oleh masyarakat sebagai bahan pembuat obat-obatan dan bisa juga digunakan sebagai bahan tambahan pada bumbu masakan. Contoh tanaman ini adalah jahe, lengkuas, temulawak, kayu manis, serai, brotowali, dan lain-lain.

Itulah sedikit informasi tentang Pengertian Tanaman Hortikultura dan Jenis-Jenis Tanaman Hortikultura. Mudah-mudahan informasi ini dapat menambah wawasan anda semua.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive