Definisi Pertanian Organik

Sponsored Links
Dasar-pertanian : Pertanian organik adalah cara dan sistem pembudidayaan tanaman pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis ( wikipedia ). Ada banyak tanaman diindonesia yang memiliki potensi untuk dikembangkan menggunakan teknik organik. Sebagai contohnya adalah tanaman padi, hortikultura jenis sayuran dan buah-buahan. Adapun dalam pengolahan pertanian organik ini harus didasarkan pada prinsip kesehatan, ekologi, keadilan, dan perlindungan. Apa maksud prinsip kesehatan didalam pertanian organik ini ? Maksud prinsip kesehatan dibidang pertanian oranik ini adalah kegiatan pertanian haruslah memperhatikan kelestarian serta peningkatan kesehatan pada tanah, tanaman, hewan, bumi, dan manusia. Karena semua komponen tersebut saling berhubungan satu sama lainnya dan tidak dapat dipisahkan. 

Contoh Pertanian Organik
Salah satu contoh pertanian organik ( padi sawah organik )


Kita lihat diera sekarang, banyak orang yang melakukan budidaya pertanian tidak sesuai dengan prinsip kesehatan pertanian seperti yang diungkapkan diatas. Banyak mereka yang melakukan kesalahan dalam pertanian, mengorbankan banyak ekologi dan alam yang seharusnya dijaga dengan baik. Mereka melakukan pembakaran hutan dengan tanpa memikirkan dampak buruknya bagi kemaslahatan makhluk hidup lainnya.

Untuk melestarikan pertanian organik ini, sebenarnya cukup mudah. Jika kita mau berusaha untuk membuat komitmen untuk melakukan pertanian organik, maka pasti semua itu dapat kita lakukan dengan baik. Dengan demikian maka pertanian organik akan menjadi lahan bagi para petani kita untuk melakukan budidaya pertanian dengan baik dan tidak merugikan banyak kalangan.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive