Kenali Beberapa Jenis Alat Perontok Padi Yang Sering Digunakan Petani

Sponsored Links
Merontokkan padi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk merontokkan padi dari tangkainya ketika musim panen padi sudah tiba. Biasanya ketika padi sudah mulai menguning, maka sudah saatnya para petani padi akan memanen padi yang mereka tanam. Untuk usia berapa lamanya padi bisa dipanen ini bergantung dari jenis dan varietas padi yang ditanam. Ada yang berusia 4 bulan hingga 6 bulan baru bisa dipanen. Dalam kegiatan pemanenan padi ini, dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara, baik secara tradisional maupun menggunakan mesin. Namun yang sering dilakukan oleh masyarakat yang ada didaerah kami tinggal, mereka akan memotong atau memanen padi dengan cara manual yaitu menggunaka sabit atau alat sejenis. Kemudian setelah selesai melakukan pemetikan padi, maka dilanjutkan dengan perontokan padi. Nah berbicara masalah alat perontok padi ini, tentu sebagian dari anda  mungkin sudah banyak mengenal alat-alat perontok padi, dari yang tradisional sampai yang canggih.

Ada banyak jenis alat perontok padi yang sering digunakan para petani kita untuk merontokkan padi hasil panen mereka. Berikut ini merupakan Beberapa Jenis Alat Perontok Padi Yang Sering Digunakan Petani dalam kegiatan panen padi.


Berbagai Jenis Alat Perontok Padi


1. Alat Perontok Menggunakan Mesin


Jenis-jenis alat perontok padi
Merontokkan padi menggunakan mesin ( Foto pribadi dasar-pertanian )


Untuk jenis alat perontok padi yang menggunakan kerja mesin ini cukup banyak jenisnya. Namun yang sering digunakan oleh para petani yang ada didaerah kami adalah mesin perontok padi seperti pada gambar diatas. Bahasa kami menyebutnya sebagai "mesin tleser" yang fungsinya merontokkan padi dengan cara mesin.


2. Alat Perontok Padi Tradisional

Kalau alat perontok padi yang ini merupakan alat tradisional yang bisa dikatakan cukup populer pada saat mesin perontok padi belum ada. Jadi para petani padi akan membuat alat perontok padi sendiri. Adapun jenisnya juga berbeda-beda, ada yang menggunakan kayuh seperti kayuh sepeda, ada juga yang merontokkan menggunakan kayu atau drum dengan cara memukulkan padi yang masih bertangkai hingga padi rontok. Untuk contoh gambar alat perontok padi tradisional yang sering digunakan petani bisa anda lihat dibawah ini.

Jenis-jenis alat perontok padi
Alat perontok padi tradisional

Jenis-jenis alat perontok padi


Jenis-jenis alat perontok padi
Merontokkan padi dengan cara manual


Itulah Beberapa Jenis Alat Perontok Padi Yang Sering Digunakan Petani untuk merontokkan padi hasil panen mereka. Semoga artikel beserta gambar-gambar ini dapat memberikan wawasan kepada anda bahwa banyak cara dan alat-alat unik yang digunakan para petani kita untuk merontokkan padi. Apapun alat yang mereka gunakan itu semata-mata bertujuan untuk hal yang sama yaitu merontokkan padi, sehingga nantinya dapat dilanjutkan pada proses pengeringan hingga penggilingan padi dan menjadi beras. Mari kita dukung pertanian indonesia dan semoga kedepannya stok dan pasokan beras lokal tetap banyak dan tidak pernah habis sehingga tidak perlu mengimpor beras luar yang cendrung disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive