Mengapa Para Petani Memilih Pupuk Kimia?

Sponsored Links
Mengapa Penggunaan pupuk kimia oleh petani dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas hasil pertanian maupun perkebunan sudah tidak asing terdengar ditelinga kita. Karena pada setiap kegiatan pemupukan tanaman, rata-rata para petani akan menggunakan pupuk kimia atau pupuk anorganik. Padahal jika kita cermati dan perhatikan dengan baik, bahwa memupuk tanaman menggunakan pupuk kimia justru dapat merusak residu dan kesuburan tanah. Jika penggunaan pupuk kimia ini terus berlanjut tanpa ada pengurangan, maka dapat dipasikan lama-kelamaan kondisi tanah akan menjadi tandus, keras, dan tidak dapat digunakan untuk budidaya tanaman lagi.

Kalau kita biacara dampak buruk penggunaan pupuk kimia ini cukup banyak, sebagai mana sudah admin posting sebelumnya. Bagi anda yang belum tahu apa saja dampak buruk penggunaan pupuk kimia pada tanaman, 
Jika sudah mengetahui apa saja dampak buruk penggunaan pupuk kimia pada tanaman, lantas apa sebenarnya yang menjadi alsan para petani tetap menggunakan pupuk kimia sebagai pupuk andalan mereka? Berikut ini  akan membagikan sedikit informasi tentang alasan para petani memilih pupuk kimia. Berdasarkan penuturan beberapa petani yang telah kami wawancarai, dapat disimpulkan bahwa alasan mereka tetap memilih menggunakan pupuk kimia dalam pertanian dan perkebunan adalah sebagai berikut.

Alasan Para Petani Memilih Pupuk Kimia

Beberapa Alasan Para Petani Memilih Pupuk Kimia


1. Kondisi ekonomi

Salah satu alasan kenapa para petani tetap menggunakan pupu kimia atau anorganik ini adalah karena kondisi perekonomian yang akhir-akhir ini cukup memprihatinkan. Para petani merasa berat jika harus membeli pupuk organik yang tidak bersubsidi. Sebagaimana kita ketahui bahwa pupuk kimia ini rata-rata sudah bersubsidi, jadi harganya bisa dibilang murah, nah inilah salah satu alasannya kenapa para petani lebih memilih pupuk kimia dari pada pupuk organik.


2. Turun temurun

Bukan hanya karena kondisi ekonomi saja yang membuat para petani tetap memilih pupuk kimia dari pada pupuk organik, tetapi karena sudah turun temurun. Karena sejak dari dulu mereka mengenal pupuk kimia ini dan menjadi salah satu pupuk andalan mereka.


3. Kurangnya pemahaman

Alasan lain kenapa para petani tetap mau menggunakan pupuk kimia adalah karena kurangnya pemahaman dan ilmu pengetahuan akan dampak buruk dari pupuk kimia. Jika mereka diberikan sedikit wawasan dan pemahaman akan hal itu, maka sudah pasti mereka akan mengurangai penggunaan pupuk kimia pada tanaman.


4. Dapat meningkatkan produksi pertanian/perkebunan

Nah inilah yang menjadi alasan terkuat kenapa para petani tetap kokoh pendirian nya untuk tetap menggunakan pupuk kimia sebagai pupuk andalan mereka yaitu dengan menggunakan pupuk kimia maka hasil produksi dan panen pertanian dan perkebunan yang mereka budidayakan menjadi meningkat. Ya memang saya akui bahwa pupuk kimia dapat secara langsung membuat hasil produksi tanaman meningkat, tetapi kembali lagi kita bicara masalah dampak dan efek buruknya untuk kedepannya. Jika kita ingin melakukan budidaya pertania dalam jangka waktu yang panjang, maka sebaiknya kurangi penggunaan pupuk kimia dan beralih pada penggunaan pupuk organik.

Itulah beberapa Alasan Para Petani Memilih Pupuk Kimia, mudah-mudahan informasi ini dapat memberikan pemahaman dan wawasan kepada anda semua.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive