Teknologi Cara Budidaya Ubi Jalar Agar Cepat Sukses

Sponsored Links
Cara budidaya ubi jalar atau ketela rambat bisa dikatakan cukup mudah dan simpel. Karena menanam ubi jalar tidak membutuhkan keahlian khusus, hanya butuh kerja keras dan ketekunan dalam merawatnya. Ubi jalar atau biasanya kita kenal dengan nama ketela rambat dan memiliki nama latin Ipomoea batatas, adalah salah satu jenis tanaman jenis umbi-umbian yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Ubi jalar atau ketela rambat ini sangat mudah dibudidayakan jika anda mau menanamnya. Tanaman merambat ini dimanfaatkan umbinya atau ketela nya untuk dikonsumsi. Pada masyarakat tradisional, ketela rambat ini dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, maka jika kita makan akan memiliki sifat mengenyangkan perut.
Image result for tanaman ubi jalar
Cara menanam ubi rambat yang baik dan benar bisa anda lihat dibawah ini, karena pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan bagikan informasi tentang Panduan Budidaya Ubi Jalar Agar Cepat Sukses. Jadi silahkan anda ikuti bagaimana cara saya dalam menanam ketala rambat dirumah sendiri. Berikut penjelasannya.


Panduan Budidaya Ubi Jalar Agar Cepat Sukses


1. Pemilihan bibit

Sebelum anda menanam ketela rambat, terlebih dahulu anda harus memiliki bibit atau benih ketela rambat yang akan dibudidayakan. Untuk bibit ketela rambat ini bisa anda gunakan ubi dari ketela rambatnya langsung atau bisa tangkai atau batang dari tanaman ubi rambat tersebut. Silahkan anda tentukan bibit yang akan ditanam. Cara memilih bibit ketela rambat yang baik dan benar sebenarnya cukup mudah dan anda pasti tahu bagaimana ciri-cirinya. Jika anda pilih ubi sebagi bibitnya, maka pilihlah ubi ketela rambat yang sudah tua dan memiliki banyak akar. Jika anda pilih bibit dari batangnya, maka pilih batang ketela rambat yang sudah tua.

2. Mengolah lahan

Setelah bibit ketela rambat sudah anda siapkan, maka sekarang waktunya anda mengolah lahan atau kebun yang akan digunakan untuk menanam ubi jalar atau ketela rambat. Untuk tehnik mengolah lahan yang akan digunakan sebagai temapt menanam, anda harus membuat bedengan atau gundukan dengan menggunakan cangkul atau alat yang lainnya. Jarak antar bedengan bisa menyesuaikan dengan jumlah bibit yang akan ditanam. Karena ubi jalar ini sifatnya menjalar, maka anda harus membatasi lahan untuk menanam ubi jalar ini dengan tanaman lainnya.

3. Memberi pupuk dasar

Setelah anda selesai membuat bedengan, maka anda bisa berikan puuk dasar, berupa pupuk kandang atau pupuk kompos. Biarkan dulu sampai tanah bercampur dengan pupuk selama kurang lebih 3 hari, setelah itu baru lahan siap ditanami ubi jalar.

4. Menanam ubi jalar

Cara menanam ubi jalar ini cukup mudah, silahkan anda masukkan atau benamkan bibit pada lahan yang sudah disiapkan tadi. Atur jarak tanam kira-kira 10x10 cm antar lubang tanam. Setelah bibit dibenamkan segera tutup lubang kembali dengan tanah.

5. Tahap perawatan

Agar mendapatkan hasil penen dari budidaya ubi jalar atau ketela rambat ini, maka diperlukan perawatan yang baik. Perawatan ini bisa berupa menyiram secara rutin, memberi pupuk, dan membasmi hama penyakit agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, membersihkan gulma atau rumput liar yang mengganggu pertumbuhan tanaman, dan sebagainya.

6. Pemanenan

Masa panen ubi jalar ini biasanya mencapai sekitar 3-4 bulan setelah tanam. Jika anda igin memanen ubi jalar, sebaiknya dalam keadaan kering dan tidak musim hujan. Tanaman ubi jalar yang baik dan berkualitas ditandai pada setiap 1 lubang atau tanaman akan menghasilkan 1 kg ubi jalar.

Demikianlah Panduan Budidaya Ubi Jalar Agar Cepat Sukses, semoga dapat menambah wawasan kita semua.

Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive