Loading...

Inilah Penyebab Umum Lovebird Macet Bunyi atau Malas Berkicau

Sponsored Links
.
Loading...
Penyebab umum Lovebird Macet Bunyi atau Malas Berkicau- Tidak seperti burung kicauan lain, burung lovebird merupakan salah satu burung yang bisa di nikmati dengan 2 hal, pertama lovebird dapat di ajak bermain. Kedua, bagi beberapa orang suara lovebird adalah "seni" terlebih bila lovebird sudah yang kita miliki bisa mengeluarkan suara Ngekek Panjang nya, dengan keistimewaan tersebut burung menjadi primadona dan banyak diminati oleh masyarakat banyak. Karena suara ngekeknya itu pula, lovebird kerap dijadilan salah satu burung master, untuk memberi efek tembakan. Lovebird juga saat ini menjadi primadona dalam berbagai lomba burung kicauan selain kacer dan murai batu.

Namun tidak jarang juga burung lovebird mengalami yang namanya macet atau burung lovebird males berbunyi. Mungkin sering kali para pemilik burung dibuat pusing dengan masalah yang satu ini. Burung yang semula rajin bunyi tiba-tiba tidak mau bunyi sama sekali alias macet. Jika kondisi ini terjadi, maka sebaiknya Anda sebaiknya kenali terlebih dahulu masalahnya, setelah Anda paham dengan masalahnya maka Anda bisa lanjut dengan penanganan yang tepat.

Penyebab Lovebird Macet Bunyi ini bisa bermacam-macam. Mungkin burung dalam keadaan sakit, kalah mental karena berhadapan dengan burung yang lebih dewasa, stress atau mungkin saja terdapat kutu pada bulu burung, atau bakteri yang biasa terdapat pada makanan sisa terutama kroto yang sudah basi, bisa juga dari bakteri yang terdapat pada kotoran yang berada di bagian bawah sangkar. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan lovebird macet bunyi dan malas ngoceh:

http://miefbird.blogspot.com/2016/08/penyebab-umum-lovebird-macet-bunyi-atau.html
Penyebab Umum Lovebird Macet Bunyi atau Malas Berkicau


1. Buruknya perawatan

Lovebird yang tidak dapat memiliki karakter suara yang baik kemungkinan karena pemilik hanya memberikan perawatan standar, padahal untuk melakukan settingan burung apapun pemilik perlu memberikan perawatan khusus. Lovebird tidak alamiah mempunyai karakter ngekek seperti kebanyakan lovebird lomba oleh karena itu pelatihan extra sejak dini memang diperlukan lovebird. Simak : Lovebird Gacor dan Ngekek Panjang Setting Formula Jitu.

2. Lovebird Sakit

Burung yang sehat merupakan cikal bakal burung yang ngoceh mulu, memang anda perlu memperhatikan kondisi mereka tetap prima karena itu mutlak perlu dimiliki semua burung agar performa mereka tetap bagus.

3. Lovebird Stress

Burung yang stress akan berakibat semua aktifitas mereka sulit di duga, mereka yang sudah jinak bisa tiba-tiba menjadi giras, burung yang memiliki mental bagus bisa mendadak menjadi pemalu. Pastilah kondisi ini akan membuat lovebird yang sebelumnya moncer akan diam seribu bahasa, penyebab lovebird stress bisa karena lingkungan dimana lovebird di gantang tidak nyaman, banyak binatang pengganggu seperti kucing, anjing dan tikus, adaptasi dengan sangkar baru juga bisa menyebabkan lovebird stress. Lovebird yang stress bisa terlihat seperti lovebird yang suka menyakiti dirinya sendiri, contohnya mencabuti bulu.

4. Pakan Kurang terjamin

Setiap jenis pakan entah bijian, sayur dan buah memiliki khasiat untuk menunjang performa lovebird, walaupun ada satu atau dua orang mengatakan lovebird mereka tetap moncer walau hanya diberikan pakan yang itu itu saja tanpa variasi pakan lain. Setiap komposisi yang ada di kemasan banyak produk pabrikan memang harus ada fungsinya, manfaat kangkung dan kuaci untuk meningkatkan birahi, fungsi rapeseeds yang mengadung omega 3 berfungsi sebagai penambah daya ingat lovebird saat di masterkan, poppyseed sebagai pemacu lovebird tetap tenang walaupun dalam kondisi stress, dll. Edukasi tentang pakan yang diberikan kepada lovebird memang penting untuk kita cari tau.

5. Tubuh tidak Proposional

Lovebird yang malas bunyi bisa juga disebabkan karena bobot kegemukan sehingga lovebird terlihat malas berbunyi lebih sering tidur atau kekurusan sehingga kondisi mereka terlalu lemas untuk melakukan aktifitas berkicau. Jika anda memiliki masalah seperti ini segera cari tau solusinya.

6. Macet karena Mabung

Kondisi mabung adalah saat dimana burung seperti tidak punya jati diri karena bulunya hilang, bulu merupakan daya tarik seekor burung, oleh karena itu kebanyakan burung akan puasa berbunyi untuk bersembunyi. Alami jika lovebird akan menyendiri ketika mereka mabung karena seperti itulah tingkah mereka dialam liar. Lovebird memerlukan stamina extra untuk merontokan bulunya lalu menumbuhinya kembali, jadi tugas kita hanyalah memastikan pakan mereka baik, jangan dipaksakan mereka untuk berkicau seperti biasanya karena hal tersebut malah akan membuat kondisi mereka makin drop. Baca: Tips Khusus Merawat Lovebird Mabung Atau Nyulam

7. Over Birahi

Lovebird memerlukan settingan birahi yang pas, karena jika kondisi birahi terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menyebabkan lovebird ogah ngoceh. Jika lovebird anda baru saja dikawinkan maka birahi lovebird akan menurun makanya anda perlu memberikan pakan yang bisa mengangkat birahi mereka normal kembali, begitu juga jika anda memperhatikan lovebird terlalu over birahi maka anda harus menurunkan kondisi mereka kembali normal. 

Sekian ulasan mengenai Penyebab Lovebird Macet Bunyi atau Malas Berkicau. Namun apapun penyebab lovebird anda jarang berbunyi kemungkinan bisa di atasi dengan melakukan perawatan rutin yang baik, semoga isi postingan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Penyebab lovebird macet bunyi,terapi lovebird macet bunyi,penyebab lovebird malas bunyi, solusi lovebird macet,menangani lovebird macet,Menangani lovebird mandek,mengatasi lovebird mandek bunyi,lovebird jarang bunyi,cara memaster lovebird,lovebird diam saja,therapy lovebird,penyebab lovebird jarang ngekek.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter